Ilustrasi Human Capital (Foto: Parboaboa/Fidelis Felix)

Pengertian Human Capital, Jenis serta Tugasnya

Olivia | Pendidikan | 23-09-2022

PARBOABOA – Di dalam sebuah perusahaan, terdapat beberapa istilah sesuai kedudukan yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah Human Capital. Namun, beberapa diantara kamu pasti masih bingung perbedaan Human Capital dan Human Resources, karena kedunya hampir mirip dan tak sedikit yang menganggapnya sama.

Nah, dari pada semakin bingung sebenarnya apa itu Human Capital, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Human Capital

Dalam bahasa Indonesia, Human artinya manusia dan Capital ialah modal. Sehingga, human capital adalah segala sifat yang tersedia di dalam diri manusia, mencakup kebiasaan, pengetahuan, atribut sosial, dan kepribadian (termasuk kreativitas) yang diwujudkan dalam kemampuan melakukan kerja sehingga menghasilkan nilai ekonomi sendiri.

Pengertian human capital juga disampaikan beberapa ahli, seperti:

• Howard Gardner

Menurutnya, human capital bukan hanya sebagai “keterampilan” yang berasal dari kemampuan mental dan fisik saja. Namun merupakan bersifat individu dan masuk dalam ranah kecerdasan ganda. Dimana seorang yang terampil di satu bidang belum tentu memiliki kemampuan di bidang atau dimensi pekerjaan yang lain.

• Samuel Bowles dan Herbert Gintis

Para ahli yang memberikan pendapatnya tentang human capital ialah Samuel Bowles dan Herbert Gintis. Mereka berpendapat bahwa sebuah kemampuan individu manusia untuk bekerja secara organisasi dan mematuhi aturan atau perintah di organisasi tersebut.

• Theodore W. Schultz

Ahli yang satu ini menyebutkan jika kapasitas dan juga kemampuan manusia untuk beradaptasi dalam situasi dan kondisi yang tidak seimbang. Atau dengan kata lain, kemampuan seorang pekerja untuk menghadapi permasalahan, blokcker atau hambatan dan kemudian menjari solusi atas permasalahan tersebut untuk menunjang kualitas produksi.

• Gary S. Becker

Pengertian human capital yang terakhir disampaikan oleh Gery S. Becker. Ia menyampaikan bahwa modal manusia yang akan terlibat secara langsung dan berguna dalam proses produksi. Serta dapat meningkatkan produktivitas pekerja dalam tugas, organisasi, dan berbagai situasi di dalam proses produksi.

Jenis – Jenis Human Capital

For your information, human capital terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara kerjanya. Berikut jenis-jenis human capital.

1. General Human Capital Management

Jenis yang pertama adalah General Human Capital Management. Jenis ini menangani karyawan pada level manajerial, meliputi kompetensi pada aspek kepemimpinan, pengambilan keputusan, pengelolaan operasional, keuangan, dan keahlian fungsional yang lain.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh seorang yang berada di level eksekutif sehingga mampu berinteraksi dengan investor atau pebisnis lain agar perusahaan dapat maju.

2. Strategic Human Capital

Jenis yang kedua ialah Strategic Human Capital yang meliputi keahlian untuk menghadapi kondisi situasional. Contohnya bagian finance, karyawan dituntut untuk dapat menyusun strategi keuangan ketika terjadi efisiensi, misalnya gara-gara kondisi keuangan sedang tidak bagus. Sehingga dapat beradaptasi dan berinteraksi pada kondisi yang tak bisa diprediksi.

3. Industry Human Capital

Industry Human Capital merupakan jenis human capital berikutnya. Berdasarkan cara kerjanya, perusahaan  menuntut karyawan memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan industri tertentu, baik dari segi teknis, regulasi, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh di bidang industri otomotif, industri makanan, industri retail, dan yang lain-lain.

4. Relationship Human Capital

Relationship human capital membahas kemampuan public speaking seseorang. Jenis yang satu ini memiliki kompetensi untuk meningkatkan kualitas karyawan dalam berkomunikasi. Hal ini bertujuan untuk membuat komunikasi menjadi lebih efektif dan pelaksanaan pekerjaan menjadi lebih lancar.

5. Company Specific Human Capital

Jenis Human capital terakhir adalah company specific human capital yang mengarah ke kebijakan, tanggung jawab dan budaya sebuah perusahaan. Sehingga setiap karyawan dapat memahami tugas sesuai dengan visi misi perusahaan.

Tugas Human Capital

Setelah mengetahui pengertian serta jenis – jenisnya, human capital juga memiliki beberapa tugas yang penting, seperti berikut ini.

•    Mencari kandidat terbaik dan merekrut karyawan.
•    Melakukan Onboarding yang mencakup sistem kerja sebuah perusahaan.
•    Mengadakan training and development.
•    Menilai kinerja dan memberi feedback kepada karyawan.
•    Pengelolahan data, berupa permohonan cuti karyawan, form gaji pegawai, dan lainnya.

Itulah informasi seputar perngertian human capital, jenis dan tugas – tugas utamanya. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu tentang sistem disebuah perusahaan.

Tag : #Human Capital    #Perusahaan    #Pendidikan    #Karyawan    #Aturan Perusahaan   

Baca Juga