Kumpulan kejadian aneh di dunia yang sulit dicerna akal manusia (Foto: nakaravillasandglamping.com)

6 Kejadian Aneh di Dunia yang Sulit Dijelaskan Secara Ilmiah

Andre | Hiburan | 26-06-2022

PARBOABOA - Meskipun para arkeolog dan ilmuan telah banyak menemukan sesuatu yang baru, tetap saja ada beberapa kejadian aneh di dunia yang tidak bisa diterima akal sehat manusia dan sama sekali tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dunia mempunyai sejuta misteri yang masih belum terpecahkan hingga saat ini. Bahkan masyarakat menyetujui kalau ada beberapa hal di dunia ini yang tidak bisa dijangkau oleh akal manusia.

Mulai dari tempat aneh, penyakit aneh, hingga fenomena alam yang tidak biasa adalah segelintir misteri dunia yang sangat menarik untuk diketahui.

Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak 5 kejadian aneh di dunia yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah.

1. Spontaneous Human Combustion

Ini adalah sebuah fenomena di mana tubuh seseorang terbakar hingga menjadi abu dalam waktu singkat. Hal yang membingungkan banyak orang adalah di setiap temuan kasus, kondisi di sekitar korban masih utuh.

Bahkan uniknya lagi, Spontaneous Human Combustion selalu mengikuti pola yang sama, yakni bagian kaki selalu utuh, sementara batang tubuh dan kepala sudah hangus tak bisa dikenali.

Kejadian aneh ini membuat para ilmuan dan penyidik kebingungan dengan penyebabnya. Banyak dari mereka mengungkapkan teori bahwa penyabab kebakaran ini adalah alkohol dan rokok.

Namun, hal itu justru bertolak belakang dengan realita bahwa kondisi sekitar korban yang tidak menunjukkan tanda-tanda adanya api.

Pada kasus tertentu, kadang ditemui organ internal korban yang masih utuh, sementara bagian luarnya hangus.

Kasus Spontaneous Human Combustion pertama kali diteliti oleh ahli anatomi Denmark Thomas Bartholin pada tahun 1663. Saat itu digambarkan seorang perempuan di Paris terbakar saat sedang tidur.

Kejadian serupa juga menimpa seorang perempuan lanjut usia bernama Mary Reese. Ia ditemukan dalam kondisi tubuh terbakar dengan suhu yang mencapai 3.500 derajat Fahrenheit.

Para penyidik dibikin kebingungan karena di saat yang bersamaan, hampir seluruh barang-barang di tempat kejadian sama sekali tidak tersentuh api.

Hingga kini, fenomena Spontaneous Human Combustion masih menjadi misteri. Dalam tiga abad terakhir, kejadian aneh ini ditemukan hanya sekitar 200 kasus.

Lucunya, hampir semua kasus tersebut memiliki kesamaan, seperti:

  • Korban merupakan pecandu alkohol kronis
  • 80 persen korban SHC adalah kaum perempuan, biasanya yang lanjut usia
  • Bagian tubuh yang tersisa biasanya kaki atau tangan
  • Batang tubuh termasuk dada, perut, dan pinggul benar-benar terbakar hangus
  • Korban hangus tapi ruangan di sekitar mayat masih utuh
  • Pembakaran tubuh meninggalkan residu abu berminyak dengan bau busuk
  • Proses pembakaran hanya terjadi pada korban sendiri, tanpa adanya teriakan atau jeritan kesakitan yang terdengar.

2. Bola Api Naga

Setiap tahun, tepatnya pada akhir September atau awal Oktober, para penduduk di daerah Nong Khai, Thailand akan berkumpul di tepi sungai Mekong.

Hal tersebut dilakukan demi menyaksikan sebuah fenomena misterius berupa naiknya bola-bola cahaya dari permukaan sungai menuju langit.

Fenomena yang disebut “Bang Fai Phaya Nak” ini hanya muncul 1-3 hari dalam setahun, tepat di akhir masa retret umat Budha Thailand yang biasanya jatuh di bulan Oktober.

Bola api ini muncul begitu saja, tanpa suara dan asap. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, bola itu diyakini muncul dari naga yang ada di dunia lain.

Di sisi lain, banyak orang yang tak percaya dan menggangap hal itu adalah sesuatu yang tak masuk akal, sehingga mencoba membuktikan sendiri dengan melakukan penelitian langsung. Bahkan beberapa dari mereka langsung menyelami dasar sungai Mekong.

Hasilnya, mereka tidak menemukan apapun di dasar sungai.

Memang kalau dipikir-pikir, hampir mustahil sebuah api kecil muncul dari dalam air. Namun, hal ini justru benar-benar terjadi di sungai Mekong.

3. Wabah Tertawa

Meskipun terdengar sebagai wabah yang sepele dan tidak berbahaya, namun wabah tertawa tidak sesederhana itu.

Dalam konteks ini, tertawa bukan menandakan kegembiraan, tetapi bisa jadi tanda kesusahan yang didorong oleh kemarahan atau kesengsaraan.

Wabah tertawa pernah terjadi di Tanganyika (sekarang Tanzania), Afrika pada tahun 1962. Wabah ini menyebar ke seluruh desa, yang menyebabkan sekitar 1000 orang terjangkit.

Selama serangan tawa terjadi, korban dilaporkan mengalami kondisi kesehatan yang tidak baik seperti mengalami pusing, masalah pernapasan, teriakan, kegelisahan, perut kembung, tangisan yang tidak terkendali, hingga keinginan untuk berlari tanpa tujuan.

Epidemi ini bermula dari sebuah sekolah dan melibatkan puluhan siswa yang tertawa terbahak-bahak secara massal. Wabah tak lazim ini juga beredar ke penjuru desa yang kemudian memaksa puluhan sekolah lainnya untuk tutup sementara.

Di puncak wabah tawa 1962, para dokter melakukan serangkaian tes medis pada korban dengan harapan menemukan penyebab dari semua kegembiraan palsu yang tak ada habisnya itu.

Akan tetapi, hasilnya nihil dan tidak ada penjelasan yang muncul tentang bagaimana mereka dapat terus tertawa.

Meskipun banyak pakar yang turun tangan untuk meneliti penyebab dari perilaku tak biasa ini, namun belum ada penjelasan pasti mengapa wabah tertawa terjadi dalam tempo waktu yang cukup lama.

Anehnya, sekitar satu setengah tahun setelah laporan awal, epidemi tawa mereda secara misterius dan benar-benar hilang sampai saat ini.

4. Pipa Baigong

Di awal tahun 2000-an, ilmuwan asal Amerika menemukan sesuatu yang aneh di puncak Gunung Baigong di Tiongkok.

Terdapat banyak pipa dengan beragam ukuran, mulai dari yang seukuran tusuk gigi, hingga yang sangat besar ditemukan di daerah yang jauh dari pemukiman.

Diketahui pipa-pipa tersebut terdiri dari oksidasi besi, silicon dioksida, kalsium dioksida, dan 8% bahan aneh yang belum diketahui jenisnya.

Tidak mudah untuk menjelaskan penemuan unik ini. Keberadaan manusia di wilayah itu terakhir kali ditelusuri adalah 30.000 tahun yang lalu, itupun sebagian besar dihuni oleh suku-suku nomaden.

Sehingga, sangat tidak mungkin apabila masyarakat primitif bisa menciptakan struktur canggih semacam ini.

Analisis lain yang dilakukan oleh para peneliti juga mengungkapkan bahwa pembuatan pipa-pipa tersebut membutuhkan teknik pengeboran yang sangat canggih, yang mana seharusnya belum dimiliki pada masa itu.

Sejumlah teori pun dibuat sebagai upaya mencari penjelasan tentang siapa yang membangun pipa tersebut dan apa tujuannya. Salah satunya mengatakan bahwa pipa itu merupakan pepohonan yang menjadi fosil, namun tetap saja tidak ada dasar ilmu yang dapat menjelaskannya.

5. Katak di Dalam Batu

Bagaimana bisa katak hidup di dalam batu? Apa yang ia makan hingga bisa bertahan dalam waktu lama?

Nah, ada banyak kejadian aneh di dunia yang sulit untuk dijelaskan secara ilmiah, dan bisa dikatakan sangat tidak masuk akal. Salah satunya adalah temuan katak di dalam batu dengan kondisi masih hidup.

Sebenarnya, di sepanjang abad le-19 hingga awal abad ke-20 banyak laporan mengenai ditemukannya katak dan kadal yang terperangkap di dalam batuan dan masih menjadi sebuah pertanyaan besar hingga sampai saat ini.

Di tahun 1899, seekor katak ditemukan di dalam sebuah batu api oleh beberapa karyawan pertambangan di Inggris.

Tidak hanya di batuan beku saja, fenomena ini juga dapat dijumpai pada tahun 1910, yang mana seekor katak ditemukan di dalam sepotong batu bara, juga beberapa kasus lainnya menemukan katak di jenis batu gamping.

Untuk mencari tahu misteri ini, para peneliti kemudian melakukan sejumlah eksperimen dengan mengkondisikan jenis katak yang sama dalam sebuah batu. Dan apa? Hasilnya berbeda. Objek penelitian tidak bertahan lama dan langsung mati dalam waktu yang cepat.

Hal tersebut lantas semakin menambah misteri katak dalam batu ini. Entah bagaimana cara mereka bertahan hidup, masih menjadi pertanyaan besar hingga saat ini.

6. Misteri Kapal SS Ourang Medan

Pada tahun 1947, kapal yang sedang berlayar di selat Malaka menerima sebuah pesan SOS dari kapal yang tak dikenal.

Pesan tersebut bercerita bahwa semua kru kapal dan kapten telah meninggal dunia. Lebih mengerikannya, si pembawa pesan mengatakan bahwa dirinya juga akan mati.

Pelacakan kemudian dilakukan, dan ditemukan bahwa pesan itu dikirim dari sebuah kapal pembawa barang milik Belanda yang dikenal dengan nama SS Ourang Medan.

Menurut memo rahasia CIA, kapal tersebut mengambang tak jelas dan akhirnya ditemukan SS Silver Star, yang berjarak 740 km dari tenggara Kepulauan Marshall dalam misi penyelamatan

Pada saat kru memasuki kapal SS Ourang Medan, mereka tampak kaget karena tak ada satu pun yang hidup di sana, bahkan anjing sekalipun.

Menurut kru Silver Star, mayat-mayat yang tergetak tersebut memiliki ekspresi seperti orang ketakutan dengan kondisi kulit pucat, mata meloto, gigi rapat, dan bibir terbuka, namun tanpa luka.

Saat ingin menginvestigasi lebih lanjut, api tiba-tiba menjalar di kargo kapal, sehingga tim tersebut terpaksa harus meninggalkan kapal.

Hingga sampai saat ini, banyak teori yang bermunculan tentang penyebab kematian semua awak di kapal itu, seperti kapal yang bermuatan bahan kimia sianida dan nitrogliserin, keracunan karbon monoksida, hingga fenomena paranormal. Sayangnya, tidak ada satupun dari teori tersebut yang benar lantaran kurangnya informasi dan dokumentasi yang ada pada saat itu.

Dari beberapa kejadian aneh di dunia tersebut, mana nih yang menurutmu paling tidak masuk akal? Komentar di bawah, ya!

Tag : #aneh    #misteri    #hiburan    #kejadian aneh    #fenomena    #alam   

Baca Juga