LRT Jabodebek akan Diresmikan pada 26 Agustus 2023

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya saat menjajal LRT Jabidebek pada Kamis (03/8/2023). (Foto: BPMI Setpres)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek pada Minggu, 26 Agustus 2023.

Dalam keterangannya pada Kamis, (10/8/2023), Jokowi mengatakan, setelah kembali mencoba LRT hari ini, dia optimis jika transportasi tersebut akan bisa beroperasi di akhir bulan.

Rute LRT yang dijajal oleh presiden yaitu, dari stasiun Jati Mulya, Bekasi ke stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Kendati demikian, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa keselamatan maupun keamanan penggunaan LRT Jabodebek harus tetap diutaman.

Adapun terkait sertifikasi kemanan pengoperasian, orang nomor satu di Indonesia itu menyerahkannya kepada pihak LRT.

Pekan lalu, pada Kamis (03/8/2023), Jokowi telah menajajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti, Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas.

Dia mengatakan, pembangunan moda transportasi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, Oleh karena itu, hal yang wajar apabila masih ada sejumlah kekurangan dalam proses pengerjaan hingga pengoperasiannya.

Selain itu, menurutnya tidak perlu tergesa-gesa dalam pengoperasian LRT Jabodebek sebelum seluruh faktor dipastikan berjalan tanpa adanya kendala, baik dari sistem, kemanan, dan keselamatan.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menuturkan jika LRT Jabodebek nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), Moda Raya Terpadu (MRT) hingga kereta bandara.

Adapun untuk titik sentral pertemuan sejumlah moda transportasi tersebut akan berada di Stasiun Dukuh Atas.

Menutup pernyataannya, Jokowi berharap kehadiran LRT Jabodebek ini akan dapat mengurangi kemacetan yang ada di Ibu Kota.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS