Makanan khas Dieng, foto: MNews.id

7 Makanan Khas Dieng yang Sayang Untuk Dilewatkan

Wanovy | Travel | 29-07-2022

PARBOABOA - Makanan khas Dieng sepertinya wajib kamu coba saat berkunjung ke daerah tersebut.

Wonosobo terkenal dengan salah satu wisatanya, yaitu dataran tinggi Dieng. Tempat wisata tersebut menjadi salah satu situs bersejarah di Indonesia yang banyak dikunjungi.

Selain itu, dataran tinggi ini dikelilingi oleh hijau pegunungan dengan udara segar.

Selain dataran tinggi Dieng, Wonosobo juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Mie Ongklok

Makanan yang bernama Mie Ongklok ini merupakan makanan khas dari dataran tinggi Dieng. Jika kamu ke Dieng, pastikan kamu jangan melewatkan menu yang satu ini.

Mie Ongklok merupakan oalahan makanan yang berbahan dasar mie dan memakai kuah. Ya, ini adalah mie rebus khas Dieng.

Makanan khas Dieng ini terbuat dari racikan resep khas yang dilengkapi potongan daun kucai, kol, dan kuahnya yang dicampur dengan tepung kanji.

Nama dari Ongklok sendiri berasal dari alat pembuatan mie ini yang terbuat dari anyaman bambu dan menyerupai keranjang kecil. Dari asal nama alat perebusan mie ini lah nama Mie Ongklok ini tercipta.

Harga rata-rata mie ongklok ini berkisaran antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Harga yang sangat terjangkau ditambah dengan citarasa khas dataran tinggi Dieng yang tak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke sana.

2. Carica

Carica merupakan buah khas Dieng Wonosobo dan hanya tumbuh di Dieng, hal ini memang terdengar aneh namun hal itu benar adanya.

Beberapa orang mencoba menanam kembali carica di tempat lain namun yang keluar bukanlah carica namun pepaya biasa, carica merupakan buah dalam keluarga pepaya namun memiliki bentuk buah yang berbeda.

Jika kita lihat sekilas Makanan khas dieng ini sangat mirip dengan pohon pepaya, namun buahnya lebih kecil dan bergelombang. Rasa buah mentahnya juga berbeda asam pada dagingnya dan manis keasaman pada bijinya.

3. Tempe Kemul

Salah satu makanan khas Dieng dari negeri para dewa yang tak layak kamu lewatkan ialah tempe kemul. Tempe ini disebut tempe kemul lantaran tempe yang digoreng diberi kemul (selimut) tepung yang cukup lebar dan tebal.

Tempe kemul juga memiliki warna kuning yang menggoda lantaran penggunaan kunyit sebagai bumbu, juga terdapat potongan daun-daun kucai yang makin membuat tempe ini terlihat semakin lezat.

Menyantap lezatnya tempe kemul yang khas tentunya bakalan makin nikmat di tengah udara dingin yang berhembus ketika menonton embun es Dieng

4. Seruput Kopi Purwaceng

Kopi Purwaceng bisa dijumpai di warung-warung yang berderet di Dieng. Purwaceng merupakan tanaman endemik yang ditanam di sela-sela tanam kentang dieng.

Konon kopi ini terkenal sebagai minuman penambah vitalitas pria. Namun sebenarnya, khasiat purwaceng tidak melulu urusan ranjang. Purwaceng berkhasiat menjaga stamina dan menghangatkan badan.

5. Dodol Carica

Selain dijadikan manisan, buah carica di Dieng juga dijadikan makanan dalam bentuk jenang dodol.

Dodol carica merupakan alternatif pengolahan buah carica yang banyak tumbuh di Dieng. Harga satu pack Carica berkisar sekitar Rp 20.000.

Rasanya yang manis, lezat, dan 1 wadah berisi cukup banyak dodol dalam ukuran kecil, membuat makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh alternatif selain manisan carica.

6. Kopi Arabika

Di Indonesia, banyak sekali jenis-jenis kopi yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu jenis kopi yang perlu kamu cicipi yaitu kopi arabika dari Dieng.

Biji kopi ini ditanam di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 6 derajat celcius.

Dengan proses tanam yang terjaga dan penuh perawatan menghasilkan citarasa yang sangat berkualitas.

Kamu dapat meminumnya langsung tanpa gula jika kamu pecinta kopi sejati, jadi apa salahnya jika kamu mencoba kopi yang satu ini.

7. Sagon

Salah satu makanan khas Dieng yang lainnya adalah sagon. Sagon merupakan jajanan khas Dieng yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sagon terbuat dari tepung sagu dan ditambah dengan parutan kelap dan melalui proses pemanggangan.

Citarasa yang gurih dan mengenyangkan dapat mengganjal perut kamu selagi berwisata di Dieng.

Biasanya, pedagang-pedagang sagon ini menyajikan jajanan ini dalam keadan hangat. Teksturnya yang tebal, berserat dari kelapa parut ini akan membuat kamu ketagihan untuk menambah lagi.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Dieng yang wajib kamu coba jika berkunjung kesini. Happy holiday!

Tag : #wisata dieng    #dieng    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah    #kuliner dieng    #makanan khas dieng    #yogyakarta    #wonosobo   

Baca Juga