Makanan khas Gresik, foto: resepmasakmom.web.app

10 Rekomendasi Makanan Khas Gresik yang Lezat dan Wajib Dicicpi

Wanovy | Travel | 26-08-2022

PARBOABOA, Gresik - Makanan khas Kota Gresik bisa dijadikan destinasi wisata kuliner yang unik. Bagaimana tidak, berbagai makanan khas Kota Gresik ini mungkin tidak bisa kamu jumpai di tempat lainnya.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Gresik juga memiliki makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Soal rasa kamu tidak perlu meragukannya, makanan-makanan ini dapat menggugah selera penikmatnya.

Makanan khas Kota Gresik ini mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau camilan. Kamu bisa memilih makanan yang kamu suka sesuai selera.

Wisata kuliner yang diberikan Kota Gresik memang sangat beragam, sehingga kamu bisa mencoba berbagai makanan dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Makanan khas Kota Gresik juga bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, kamu juga bisa membawa pulang beberapa oleh-oleh Kota Gresik berupa makanan yang unik. Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga di rumah.

Dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan rekomendasi makanan khas Gresik yang bisa kamu cicipi jika berkunjung ke kota ini. Yuk, simak ulasannya!

1. Nasi Kruwu

Rekomendasi makanan khas gresik yang pertama yaitu nasi krawu. Kita dapat menemukan warung dan juga rumah makan yang menyajikan menu nasi krawu.

Kalau kamu suka dengan makanan gurih, nasi krawu ini recommended banget buat kamu santap.

Nasi krawu adalah makanan khas gresik yang terbuat dari campuran nasi dan daging sapi. Nasi krawu biasa disajikan dengan piring yang diberi alas daun pisang.

Nasi disajikan dengan lauk yang bisa kamu pilih antara daging ayam atau sapi, bisa juga keduanya. Ditambah serundeng dan juga sambal.

Daging yang digunakan untuk lauks pada nasi krawu umumnya dimasak dengan bumbu seperti semur. Rasanya gurih dan manis.

2. Ayas

Gresik memiliki jenang khas yang bernama Jenang Ayas. Makanan khas dari Gresik ini dapat Kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Jenang Ayas dibuat dari bahan baku utama tepung ketan yang kemudian diberi pewarna makanan hingga menampilkan jenang yang berwarna-warni.

3. Seafood Kerang Hijau

Bagi pecinta olahan hasil laut, tampaknya wajib mencoba kelezatan yang ditawarkan oleh Seafood Kerang Hijau.

Tidak sulit untuk menemukannya, karena banyak rumah makan atau restoran yang telah menawarkan kuliner lezat ini sebagai menu kamulannya.

Sayangnya Kamu harus rela mengeluarkan dana sedikit lebih tinggi untuk bisa menyantapnya. Sebab makanan khas Gresik satu ini dipatok dengan harga yang lumayan tinggi dibandingkan dengan kuliner khas lainnya.

Meski demikian, hal ini tidak menurunkan minat pengunjung untuk memesannya ketika mengingat kelezatannya yang dianggap setara dengan patokan harganya. Apakah Kamu tertarik mencicipi kelezatannya secara langsung?

4. Martabak Usus

Pernahkah kamu mendengar tentang makanan khas Gresik Martabak Usus? Martabak spesial Gresik tersebut termasuk jenis gorengan yang memakai usus sebagai bahan bakunya.

Tambah puas jika ditemani dengan berbagai macam gorengan, rasanya sudah pasti lezat juga gurih. Isian Martabak Usus ini berupa olahan bihun yang dicampur dengan telur dan usus. Sebelumnya usus dan bihun tersebut sudah dimasak secara terpisah.

Tidak hanya itu, cocolan sambal petis makin membuat cita rasanya sempurna. Petis sendiri terbuat dari bawang putih, cabai, garam dan gula yang ditumis kemudian dicampur air. Rasanya yang nikmat bikin kamu ingin segera menikmatinya sampai habis.

5. Pudak

Dari jenis kudapan, ada Pudak dengan citarasa dominan manis. Makanan ringan ini terbuat dari bahan utama tepung beras, gula, dan santan.

Semua bahan dicampur dan dibungkus dengan pelepah pohon pinang. Kemasan inilah yang membuat Pudak cukup unik karena bagian pinggirnya masih dijahit dengan cara tradisional.

Tekstur makanan khas Gresik ini empuk dan lembut ketika digigit dengan rasa manis dan sedikit legit. Saat ini ada beberapa varian rasa yang dijual, yaitu original, pandan, dan sagu.

Dikarenakan semua pembungkusnya sama, usahakan untuk menanyakan rasa ketika kamu ingin membelinya. Lokasi yang banyak ditemui penjual Pudak adalah di jalan Veteran dan jalan Sindujoyo Gresik.

6. Otak-Otak Bandeng

Olahan dari ikan bandeng memang bervariasi, kamu juga bisa menemukan jenis kuliner ini ditempat lain.

Otak-otak bandeng dibuat dengan proses yang cukup lama. Awalnya ikan bandeng yang masih mentah dipukul agar dagingnya hancur.

Proses ini dilakukan dengan hati-hati, dimana bagian luar atau kulitnya tidak boleh rusak. Setelah hancur, daging ikan kemudian dikeluarkan dari perut dan dibersihkan isi perutnya.

Selanjutnya dengan menambahkan bumbu dan rempah khas tradisional, lalu daging dimasukkan kembali kedalam kulit tadi.

Setelah itu, proses selanjutnya yakni dengan membakar bandeng hingga matang. Makanan dari Gresik ini biasanya dijual bersama dengan Pudak di tempat yang sama.

7. Bandeng Sapit

Makanan khas Gresik yang berikutnya adalah Bandeng Sapit. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan olahan ikan bandeng menggunakan sapit.

Bandeng Sapit diberi olesan bumbu dan diproses dengan cara dipanggang. Olesan bumbu Bandeng Sapit merupakan campuran dari berbagai macam rempah yaitu lengkuas, cabai merah, bawang merah, kemiri, kunyit, bawang putih, gula dan garam.

8. Arang-Arang Kambang

Makanan khas Gresik yang satu ini dahulu sering dijadikan sajian acara pernikahan dan saat Bulan Ramadhan.

Namun sekarang sayangnya jajanan yang satu ini sudah tidak banyak orang yang mengenalnya.

Arang-Arang Kambang terbuat dari bahan utama ketan putih dan ketan hitam. Tidak lupa juga diberi tambahan irisan pisang dan tape ketan.

Semua bahan tadi kemudian disiram dengan santan yang sudah dimasak dengan gula dan garam.

9. Sego Karak

Sego Karak masuk dalam deretan makanan khas Gresik yang cukup populer. Sesuai pemberian namanya, kuliner satu ini terbuat dari nasi yang dimasak hingga matang lalu dikeringkan.

Nasi yang telah berubah kering akan dimasak kembali dengan dicampurkan dengan ketan hitam. Soal rasa tampaknya tidak perlu ditanyakan kembali. 

10. Sayur Menir

Sayur Menir adalah deretan kuliner lezat asal Gresik yang siap membuat lidah bergoyang. Kuliner ini berupa sayur bening yang ditambahkan dengan isian bayam.

Kelezatannya akan semakin meningkat ketika Kamu menyantapnya selagi hangat didampingi dengan nasi dan daging sapi. Hanya dengan membayangkannya saja, berhasil membuat perut berbunyi seketika.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Gresik yang lezat dan wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata gresik    #gresik    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #makanan khas gresik    #kuliner gresik   

Baca Juga