Ketua DPP Pastai Nasdem yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa.

NasDem Bidik Tiga Tokoh ini untuk diusung menjadi Capres 2024

Maraden | Politik | 07-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa mengatakan partainya sudah memiliki nama-nama yang akan dipertimbangkan untuk diusung menjadi calon presiden pada kontestasi politik tahun 2024 nanti.

Mustopa yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengatakan, Partai NasDem mempertimbangkan tiga tokoh untuk menjadi calon presiden yang diusung partai Nasdem. Ketiga tokoh itu ialah Anies Baswedan yang sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta, Ganjar Pranowo yang menjabat Gubernur Jawa Tengah, hingga Sandiaga Uno yang sekarang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ketiga tokoh tersebut disebut dikatakan Mustopa memiliki elektabilitas tinggi untuk digadang sebagai calon presiden 2024.

Hal itu disampaikannya saat menanggapi hasil survei SMRC. Berdasarkan hasil survei SMRC, Ganjar dan Anies memiliki elektabilitas yang cukup tinggi.

"Kalau nama yang ada, semua NasDem pertimbangkan. Misalnya Anies Baswedan, Ganjar, Sandi, dan lain-lain, itu sebenarnya masuk dalam pertimbangan NasDem," ujar Mustopa dalam diskusi yang dilakukan secara virtual, Kamis (07/10/2021).

Saan mengatakan partai Nasdem NasDem saat ini tengah mencari mitra politik. Partai yang didirikan Surya Paloh itu saat ini sedang fokus membangun koalisi untuk Pemilu 2024.

Saan menjelaskan, NasDem menyadari tak bisa mengusung calon sendiri akibat terbentur syarat presidential threshold atau ambang batas presiden.

Syarat presidential threshold dalam UU Pemilu adalah  partai atau gabungan partai dapat mencalonkan presiden apabila memiliki 20 persen suara nasional atau 25 persen kursi parlemen.

Untuk pemilu 2024 akan menggunakan threshold hasil Pemilu 2019 lalu dimana NasDem meraih suara 10,4 persen.

"NasDem menyadari posisi itu, maka yang harus dilakukan NasDem adalah membangun komunikasi dengan partai lain agar mencukupi syarat pencalonan presiden," kata Saan.

Saan mengaku, partainya akan membangun komunikasi yang intens dengan partai lain terkait pencalonan presiden untuk pemilu 2024 nanti.

"Mudah-mudahan nanti 2022 komunikasi politik NasDem akan semakin intensif, sehingga udah jelas mitra koalisi untuk mencalonkan calon yang disepakati bersama-sama untuk diusung," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan Partai NasDem akan menggelar konvensi capres pada 2022 mendatang. Hal itu disampaikan Surya Paloh di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Partai NasDem, pada November 2020.

Tag : #politik    #pemilu 2024    #pilpres 2024    #saan mutopa    #pastai nasdem   

Baca Juga