Sederet negara dengan biaya termurah (www.kompasiana.com)

7 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Apa Saja?

Wulan | Internasional | 13-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Sebagian dari kita mungkin sering membayangkan betapa mahalnya biaya hidup di luar negeri. Namun, faktanya tidaklah demikian.

Ada beberapa negara yang justru dikenal sebagai tempat yang paling murah untuk melanjutkan hidup. Artinya, biaya hidup di negara tersebut pun tergolong murah.

Hidup di negara dengan biaya yang murah tentu akan sangat menyenangkan, bukan hanya secara lahir dan batin, tetapi juga finansial. Karena kita tidak harus dipusingkan lagi dengan harga-harga mahal, mulai dari sewa rumah, makanan, transportasi, hingga hiburan.

Percaya atau tidak, faktanya masih banyak negara dengan biaya hidup termurah. Berikut daftarnya!

1. Indonesia

Negara pertama dengan biaya hidup termurah jatuh pada negara Indonesia.

Indonesia tak hanya didatangi setiap orang karena kecantikannya, tapi juga banyak diburu oleh pelancong sebab rata-rata biaya hidup di negara ini dikatakan murah.

Untuk hidup di Indonesia, Anda hanya perlu menyiapkan anggaran bulanan setidaknya $ 515 jauh di bawah $ 1000. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Anda tabung jika tinggal di Indonesia. Tak hanya murah, negara ini juga dikenal sebagai negara dengan penduduk paling ramah di dunia.

2. Malaysia

Negara yang satu ini memiliki biaya hidup tidak jauh berbeda dengan Indonesia, mulai dari biaya makan hingga transportasi.

Nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap Rupiah memang tergolong tinggi. 1 Ringgit-nya bernilai sekitar Rp 3.000. Namun, standar biaya hidup di Malaysia tergolong murah.

Sebagai contoh, harga 1 botol air mineral di Malaysia berkisar dari RM 1-RM1,5 atau jika di rupiahkan berkisar Rp 3.000 hingga Rp 4.500 per botolnya.

3. Afrika Selatan

Selanjutnya, negara dengan biaya hidup termurah adalah Afrika Selatan.

Jika ingin berkunjung ke sebuah kota besar di Afrika Selatan seperti Cape Town, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 5 juta untuk per bulannya. Sementara itu, untuk menyewa satu unit apartemen di negara ini Anda hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,5 juta. Bahan makanan dan barang-barang konsumsi di Afrika Selatan juga lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di negara lain.

4. India

Negara lain yang menawarkan biaya hidup termurah adalah India. Pada negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia ini, Anda bisa menemui makanan, tempat menginap, bahkan transportasi umum seperti di Indonesia yang sangat murah.

Dengan Rp 250.000 saja, Anda bisa naik kereta AC dengan fasilitas yag lengkap. Makanan dan penginapan juga tak kalah jauh dari harga yang Anda bayar saat berwisata ke Indonesia. Hal ini didukung dari industri-industri yang berkembang di India seperti tekstil dan pengolahan makanan.

5. Filipina

Meskipun memiliki nilai tukar mata uang yang lebih tinggi dibanding Indonesia, tapi standar biaya hidup di Filipina tergolong sama bahkan lebih murah dibanding Indonesia.

Untuk menginap di pusat kota Filipina, uang yang dikeluarkan sekitar Rp 150 saja. Biaya makan di hotel bintang lima pun hanya separuh harga dari biaya makan di hotel bintang lima di Indonesia.

6. Thailand

Thailand memang terkenal sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan Indonesia karena memiliki biaya hidup yang murah. Harga rata-rata makanan di Bangkok saja berkisar di angka Rp 20.000-40.000 saja.

Sementara untuk berkeliling kota, Anda bisa naik BTS Skytrain atau MRT yang berkisar di harga Rp 6.000-Rp20.000 sekali jalan, tergantung seberapa jauh Anda pergi dan apakah Anda melewati zona yang berbeda atau tidak.

Walau demikian, tidak semua kota di Thailand memiliki standar biaya hidup yang murah. Di Phuket misalnya, walau harga penginapan tergolong murah tapi harga makanan dan transportasi terbilang mahal.

7. Taiwan

Biaya hidup di Taiwan dengan Indonesia bisa dikatakan tidak jauh berbeda.

Di kota Taipei, penginapan untuk semalamnya bisa didapat dengan harga Rp 150 saja. Di negara ini sistem transportasinya diketahui telah terintegrasi. Jika Anda membeli IC Card, Anda bisa menggunakannya dengan menaiki berbagai transportasi umum seperti bus dengan tarif Rp6.500 dan MRT dengan tarif Rp 8.000.

Harga makanan di negara ini juga tergolong murah, dengan rata-rata sekitar Rp20.000 Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi makanan. Sementara untuk transportasinya memang tergolong lebih mahal dibanding dengan Indonesia.

Tag : #dunia    #negara    #internasional    #biaya hidup    #murah    #indonesia    #malaysia    #afrika selatan    #india    #filipina    #thailand   

Baca Juga