parboaboa

Pildun U-17 dan Konser Coldplay Berbarengan, Presiden: Stadion Tak Cuma GBK

Maesa | Nasional | 26-06-2023

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal perhelatan Piala Dunia U-17 dan konser Coldplay yang berpotensi bentrok pada November mendatang. (Foto: PSSI)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal perhelatan Piala Dunia U-17 dan konser Coldplay yang berpotensi bentrok pada November mendatang.

Menurut Jokowi, Indonesia tak hanya memiliki Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang berada di Jakarta Pusat.

Namun, sambung dia, opsi stadion ada yang telah siap untuk digunakan juga ada banyak, seperti Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara; Stadion Manahan, Surakarta; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Bung Tomo di Surabaya; dan stadion-stadion lainnya.

Kendati demikian, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah bakal mencari solusi terbaik terkait hal tersebut.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi kepada awak media usai mengunjungi Pasar Palmerah, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Juni 2023.

Dalam kesempatan yang sama, ia menuturkan bahwa perhelatan Piala Dunia U-17 merupakan bentuk kepercayaan FIFA terhadap Indonesia.

Oleh karenanya, lanjut Jokowi, Ketua Umum Persatuan Seluruh Sepakbola Indonesia (PSSI), Erick Thohir telah diperintahkan untuk menyiapkan dengan betul-betul baik sarana maupun prasarana untuk menunjang event bertaraf internasional ini.

Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Diketahui, Indonesia ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Sedangkan konser Coldplay digelar pada 15 November.

Adapun penetapan ini melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss pada Jumat, 23 Juni 2023 petang.

Dalam keterangannya, Erick mengaku belum mengetahui dengan pasti alasan dari penetapan ini. Namun, ia menilai hal itu mungkin saja karena beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir.

Faktor itu, sambungnya, berupa perhelatan 2 FIFA Matchday Indonesia melawan Palestina dan Argentina serta perbaikan sarana berbagai stadion yang telah lolos uji kelayakan FIFA.

Editor: Maesa

Tag: #piala dunia u17    #coldplay    #nasional    #jokowi    #pssi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU