Sholawat Jibril Penarik Rezeki Paling Kuat

Penulis : Ratni Dewi Sawitri | Islam | 09-12-2022

Bacaan Sholawat Jibril (foto:Canva)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Sebagai umat muslim senantiasa kita dianjurkan untuk bersholawat sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Membaca sholawat merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat disukai Allah SWT.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah:186)

Banyak keajaiban yang dapat diperoleh apabila mengamalkan sholawat dalam kehidupan kita. Menjadikan sholawat jibril sebagai amalan kita sehari – hari dapat memberikan perubahan dalam kehidupan dan dapat mempermudah segala urusan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, penulis sudah merasakan keajaiban dari sholawat nabi  yang satu ini yakni segala urusan dipermudah, mendapat pekerjaan ditempat yang diinginkan, rezeki datang dari segala arah dan masih banyak lagi keberkahan yang penulis rasakan ketika mengamalkan sholawat jibril ini.

Nah, sebelum kamu mengamalkan sholawat jibril ini, ketahui dahulu seluk – beluknya. Simak penjelasan yang sudah penulis rangkum dari berbagai sumber. Disini penulis akan membahas lebih lengkap tentang sholawat jibril, bacaan sholawat jibril, manfaat sholawat jibril, dan cara mengamalkannya.

Apa itu Sholawat Jibril?

Sholawat Jibril adalah salah satu sholawat nabi yang bacaannya pendek. sholawat ini diberi nama sholawat Jibril karena yang pertama melafalkan sholawat ini adalah malaikat Jibril, ketika memberikan pengajaran pada Nabi Muhammad SAW.

Meskipun bacaan sholawat ini pendek, namun manfaat dari mengamalkan sholawat ini tidak dapat diremehkan. Sholawat Jibril dipercaya bisa menarik rezeki dari segala arah seperti yang penulis sampaikan di atas, dapat melunasi hutang, dan juga dapat mengabulkan hajat.

Sholawat ini merupakan salah satu sholawat nabi yang paling sering diamalkan oleh umat muslim karena penuh makna dan singkat. Kamu dapat membacanya di sela – sela aktivitas yang sedang dijalani sebanyak 1000x atau disesuaikan dengan kemampuanmu.

Bagaimana bacaan Sholawat Jibril?

Bacaan sholawat Jibril memiliki dua versi, yakni versi pendek dan versi panjang.

1. Sholawat Jibril Versi Pendek

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima
Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

2. Sholawat Jibril Versi Panjang

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallahu 'Ala Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam.
Artinya:
"Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad, sholawat atas keluarga serta keselamatan atasnya."

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ
Anta Syamsun Anta Badrun
Artinya:
"Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama."

أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ
Anta nurun fauqo nurin
Artinya:
"Engkau cahaya di atas cahaya."

أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي
Anta iksiirun wa ghoolii
Artinya:
"Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya."

أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ
Anta mishbaahush-shuduuri
Artinya:
"Engkaulah pelita hati."

يَاحَبِيْبِى يَامُحَمَّدْ
Ya habiibii Ya Muhammad
Artinya:
"Wahai kekasihku, wahai Muhammad."

يَاعَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ
Ya 'Aruusal-khoofiqoini
Artinya:
"Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia)."

يَامُؤَيَّدْ يَامُمَجَّدْ
Ya Mu-ayyad ya Mumajjad
Artinya:
"Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu)."

يَاإِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ
Ya Imaamal Qiblataini
Artinya:
"Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat."

Ada pula yang hanya membacanya dengan singkat seperti ini,

     صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

    Shalallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.


Manfaat Sholawat Jibril

Beberapa manfaat sholawat Jibril, jika diamalkan secara rutin.

  1. Bagi siapa saja yang rutin membaca sholawat ini, maka ia akan memperoleh rahmat dan barokah dari Allah SWT dan syafa’at dari Nabi Muhammad.
  2. Mendapatkan pimpinan dari malaikat yang terbaik.
  3. Mendapatkan pengampunan dari semua dosa-dosa yang telah diperbuatnya baik yang sengaja ataupun tak sengaja.
  4. Rutin membaca sholawat ini juga dapat membuat seseorang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.
  5. Dicukupi kebutuhannya dunia akhirat oleh Allah SWT yakni rezekinya mengalir deras dari segala arah yang tidak disangka – sangka sebelumnya.
  6. Mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.
  7. Dianugerahkan keselamatan oleh Allah SWT dari segala malapetaka
  8. Dijauhkan oleh Allah SWT dari kemiskinan, kefakiran, dan kesempitan rezeki dan di sinilah Sholawat Jibril menjadi wasilah penarik rejeki bagi yang membacanya.
  9. Mendapatkan kemenangan atas musuh-musuhnya.
  10. Hatinya akan disucikan dari sifat munafik sehingga hati dan pikirannya tenang, tentram, dan damai.
  11. Dapat melihat Nabi Muhammad SAW dalam tidurnya.
  12. Dicintai semua mahluk karena Sholawat Jibril dapat memunculkan aura pengasihan yang memancar bagi orang yang rutin mengamalkannya.
  13. Orang yang rutin membaca sholawat ini akan mendapatkan nur yang menyinari lahir dan batinnya.
  14. Orang yang rajin membaca sholawat ini akan dikabulkan doa – doa dan hajat mendesaknya oleh Allah SWT.

Cara mengamalkan Sholawat Jibril

Setelah memahami keistimewaannya, penting untuk kamu ketahui cara mengamalkannya sesuai dengan ajaran islam. Adapun cara mengamalkannya sebagai berikut:

Para ulama menyebutkan ketika seseorang mengamalkan sholawat ini 1.000 kali setelah ia menjalankan sholat maghrib. Selain itu, bacaan sholawat ini juga dapat dibaca setiap hari sebanyak 3.333 kali, atau 7.000 – 10.000 kali. Semakin banyak yang mengamalkan sholawat ini, maka Allah SWT akan melimpahkan kepadanya banyak manfaat kebaikan.

Usai mengamalkan sholawat Jibril, sebaiknya dilanjutkan lagi dengan bacaan-bacaan doa pelengkap memohon rezeki yang bunyi bacaan doanya adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a’thinii tsawaaba shollallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqonii syai’an asta ‘iinu bihi ‘alath-thoo ‘ah subhaana robbika robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wasalaamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Sholallahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam”.

Namun, baiknya ketika kamu mengamalkan sholawat ini kamu juga harus mengerjakan kewajiban yang lain sesuai ajaran islam, seperti sholat 5 waktu, sedekah, puasa dan tentunya berserah diri kepada Allah SWT. Karena jika kamu hanya mengamalkan sholawat ini saja tanpa menjalankan perintah – perintah Allah SWT yang lainnya, maka semuanya akan jadi sia – sia.

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #sholawat nabi    #pendidikan    #sholawat jibril penarik rezeki paling kuat    #   

Baca Juga