Jaringan 3G XL Axiata dimatikan akhir maret, foto: Technologue.id

Jangan Lupa, Sinyal 3G XL Dimatikan Akhir Maret Ini

Wanovy | Teknologi | 31-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pada akhir Maret, operator seluler XL Axiata menargetkan akan mematikan sinyal 3G sepenuhnya. Hingga akhir Februari lalu, XL mengklaim telah mematikan 5.000 BTS 3G.

"Jumlah BTS (3G) yang sudah kita matikan mungkin saat ini sekitar 5.000 dan tiap hari bertambah sekitar 1.000 BTS. Kita lakukan bertahap dan selesai akhir Maret," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa pada Februari lalu.

Sebenarnya XL Axiata sudah mematikan layanan 3G di 22 kota pada tahun lalu. Secara total, 22.000 BTS 3G dimatikan dan dialihfungsikan menjadi BTS 4G pada tahun tersebut.

XL Axiata akan memindahkan trafik 3G ke 4G karena layanan 3G saat ini banyak dipakai untuk telepon, alih-alih data internet.

Lagipula masyarakat juga sudah menggunakan telepon dengan data seperti penggilan WhatsApp dibanding layanan telepon dengan pulsa.

"Bulan depan (Maret) target kita semua 3G yang ada di jaringan XL Axiata kita matikan," kata Gede.

Dengan mematikan layanan 3G, spektrum yang sebelumnya digunakan 3G dapat dimanfaatkan untuk memperluas layanan 4G. Selain itu, XL juga akan menyiapkan kapasitas jaringan yang memadai untuk menunjang panggilan suara VoLTE..

“Saat ini 3G banyak dipakai untuk voice, ada (pengguna) data tapi sangat kecil, nggak signifikan. Jadi kalau shutdown 3G, tujuannya adalah karena spektrum yang sekarang digunakan 3G akan sangat efisien untuk dipakai untuk data LTE," ujar Gede.

Selama ini layanan voice atau telepon diakomodasi oleh jaringan 2G dan 3G, sementara 4G hanya untuk data internet.

Setelah mematikan layanan 3G, panggilan telepon pengguna XL Axiata akan ditunjang oleh fitur Voice Over LTE (VoLTE), pada jaringan 4G.

Untuk memaksimalkan kualitas panggilan baik saat memakai pulsa maupun data, XL Axiata mendorong aktivasi fitur VoLTE, yaitu layanan panggilan suara di jaringan 4G.

Dalam praktiknya, ponsel yang digunakan pengguna juga harus mendukung fitur VoLTE. Kartu SIM yang digunakan juga harus mendukung jaringan 4G.

Namun mayoritas ponsel lawas belum mendukung fitur tersebut, meskipun dapat diaktivasi oleh produsen ponsel terkait.

Untuk itu, XL Axiata mendorong vendor ponsel untuk mengaktifkan fitur VoLTE pada berbagai ponsel, termasuk ponsel seri lawas.

Tag : #XL Axiata    #3G    #jaringan    #internet    #teknologi    #konektivitas   

Baca Juga