Ilustrasi penularan covid-19

Gelar PTM, 54 Siswa SMAN 1 Padang Panjang Positif Covid-19

rini | Kesehatan | 11-09-2021

PARBOABOA, Sumatera Barat - Baru seminggu setelah pembelajaran tatap muka diberlakukan, sebanyak 54 siswa di SMAN 1 Padang Panjang, Sumatra Barat dikabarkan terpapar covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang Nuryanuar mengatakan, keseluruhan siswa yang terpapar sudah menjalani isolasi.

“Sekarang mereka diisolasi di asrama sekolah, bagi yang putra diisolasi di asrama putra, bagi yang perempuan diisolasi di asrama perempuan,” katanya, Sabtu (11/9/2021).

Penularan ini terjadi ketika seorang siswa menunjukkan gejala Covid-19 di lingkungan asrama, berupa demam dan kehilangan indera penciuman, melapor kepada orang tuanya. Selanjutnya orang tua murid melaporkan kepada Dinkes Padang Panjang.

Berdasarkan informasi itu, Dinkes Padang Panjang melakukan pelacakan mencari informasi ke lokasi SMAN 1 Padang Panjang. Beberapa siswa diketahui mengalami gejala demam.

“Dengan ada beberapa orang temannya yang juga demam, lalu karena itu juga asrama, maka kita putuskan untuk dilakukan tes swab semuanya,” katanya.

Sampel tes yang dikirimkan ke Laboratorium Universitas Andalas ditemukan sebanyak 54 siswa positif covid-19.

Tes swab diikuti 131 orang siswa putra dan siswa putri terdiri 231 dengan total 362 orang siswa. Kemudian ditambah beberapa orang petugas asrama dan petugas kantin.

Setelah kejadian ini, pihak sekolah harus lebih memperhatikan protokol kesehatan jika melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Vaksinasi akan kita laksanakan ke sekolah-sekolah. Vaksinasi COVID-19 untuk anak dan remaja tersebut diperuntukkan bagi anak usia 12-17 tahun,” pungkas Nuryanuwar.

 

Tag : kesehatan, covid-19, sman1 padang panjang, terpapar, ptm

Berita Terkait