Viral di Tiktok, Apa Itu Game RP?

Ilustrasi TikTok, foto: pemmzchannel.com

PARBOABOA - Media sosial, TikTok sedang digemparkan dengan permainan RP atau Roleplayer yang kini tengah digandrungi anak remaja.

Dalam sebuah video yang menjadi viral di TikTok, seorang anak berusia 11 tahun ketahuan oleh ayahnya karena kecanduan bermain roleplaying atau peran.

Video tersebut memperlihatkan momen ketika ayahnya marah dan memberikan teguran keras kepada anaknya setelah mengetahui kebiasaan yang membuatnya cemas.

Dalam video tersebut, terlihat jelas kecanduan anak tersebut terhadap roleplaying yang mempengaruhi kehidupan sehari-harinya.

Anak tersebut sering kali terlibat dalam aktivitas roleplaying di TikTok, menciptakan karakter fiksi, dan berinteraksi dengan sesama roleplayer.

Video-video tersebut menunjukkan bahwa anak tersebut menghabiskan banyak waktu untuk bermain peran daripada fokus pada tugas sekolah dan kegiatan sehari-hari.

Ayah dari anak tersebut, dalam video tersebut, mengekspresikan kekecewaannya dan kekhawatirannya terhadap kecanduan anaknya.

Dia menyoroti pentingnya fokus pada pendidikan dan perkembangan pribadi yang sehat. Ayahnya juga menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara hiburan online dan tanggung jawab sehari-hari.

Video tersebut menuai beragam reaksi dari pengguna TikTok. Banyak yang setuju dengan ayah tersebut dan menganggapnya sebagai bentuk perhatian dan pengasuhan yang baik.

Namun, beberapa pengguna juga menunjukkan simpati terhadap anak tersebut, mengatakan bahwa kecanduan roleplaying mungkin hanya merupakan hobi yang tidak berbahaya.

Berdasarkan rekaman video yang diunggah ulang oleh pengguna akun @jeshagalau pada tanggal 15 Juni 2023, terlihat seorang anak perempuan kecil menangis.  Anak tersebut bernama Bintang dan berusia 11 tahun.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa ayah Bintang mengingatkan anaknya dengan keras. Akun TikTok @jeshagalau menuliskan,

“Ini adalah pelajaran bagi kamu, Bintang. Ayah kamu melakukan ini semua demi masa depan kamu.”

Selanjutnya, akun tersebut menambahkan, “Kamu boleh bermain peran (RP), tetapi harus meminta izin terlebih dahulu kepada orangtua, bukan? Jika kamu sudah meminta izin sejak awal, mungkin situasinya tidak akan menjadi seperti ini.”

Lantas, sebenarnya apa itu game RP?

Di TikTok, RP adalah game memainkan peran menjadi tokoh tertentu atau orang lain. Pemainnya biasa disebut dengan “roleplayer”.

Dalam game RP, pengguna seolah-olah berperan menjadi tokoh fiksi untuk berinteraksi dengan roleplayer lain di TikTok.

Interaksi yang dibangun dalam game RP di TikTok bervariasi. Para pemain RP bisa saling follow untuk berteman atau biasa dalam bahasa gaulnya disebut dengan “mutualan”.

Kemudian, pemain juga bisa menjalin hubungan fiksi tertentu dalam game RP di TikTok. Secara umum, bentuk interaksi pemain RP tak jauh beda dengan pengguna asli.

Perbedaan utamanya terletak pada interaksi yang dibangun pemain RP itu hanya bersifat fiksi. Pemain RP bisa membuat karakter secara bebas sesuai imajinasi.

Selain di TikTok, game RP sejatinya juga telah ramai dimainkan di berbagai media sosial, salah satunya adalah Twitter.

Sama seperti di TikTok, pemain RP di Twitter juga membuat dan memainkan karakter fiksi untuk saling berinteraksi.

Game RP di media sosial sangat berbeda dengan game RP seperti Ragnarok Online atau Genshin Impact. Pengguna tidak membutuhkan sama sekali aplikasi khusus untuk memainkan RP di media sosial.

Karakter, cerita, dan interaksi dari game RP di media sosial sepenuhnya dibuat serta dikendalikan sendiri oleh pengguna yang tengah berperan jadi orang lain secara fiktif. Pengguna hanya perlu membuat akun dengan karakter fiksi untuk memainkan game RP.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS