Detik-detik runtuhnya jembatan gantung yang baru saja diresmikan di Meksiko. The Guardian

Jembatan Baru Runtuh saat Diresmikan, Wali Kota Ikut Terjerumus ke Sungai

Dion | Internasional | 08-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Wali Kota Cuernavaca, pada Selasa waktu setempat, terjerumus ke sungai bersama puluhan orang lainnya saat meresmikan sebuah jembatan yang baru saja selesai dibangun. 

Dilansir Associated Press, Rabu (8/6/2022), dalam rekaman video yang beredar luas di media sosial, terlihat jika jembatan kayu itu terlepas dari rantai penyangganya dan menjerumuskan puluhan orang yang sedang berdiri. 

Padahal, menurut AP, jembatan itu telah mengalami perbaikan dan perombakan sebelum akhirnya diresmikan. 

Jembatan ini merupakan bagian dari sarana wisata guna mengakomidir banyaknya kunjungan pelancong dari luar kota. 

Kejadian itu membuat sejumlah pejabat setempat, termasuk beberapa anggota dewan kota, terjerumus ke sungai dari ketinggian 3 meter dan menghantam bebatuan di bawahnya. 

Wali Kota Cuernavaca, José Luis Urióstegui, mengatakan bahwa beberapa orang yang menemaninya berjalan di atas jembatan itu sengaja melompat-lompat agar jembatan kayu itu berayun. 

"Ada banyak sekali orang yang melompat-lompat, itu ceroboh sekali," kata Urióstegui kepada AP. 

Ia juga menambahkan, kemungkinan jembatan itu runtuh akibat kelebihan muatan. "Banyak sekali orang di sana, melebihi yang seharusnya."

Pemerintah Kota Cuernavaca merilis pernyataan yang menyebut jika terdapat empat anggota dewan, dua pejabat kota, dan seorang reporter lokal yang terluka dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat kejadian itu. 

Namun beruntung, menurut wali kota, tak ada korban yang mengalami luka serius. Beberapa di antaranya hanya menderita patah tulang atau cidera di kepala. 

Urióstegui sendiri sempat dibawa ke RS, tetapi ia hanya menderita luka ringan dan tak lama kemudian berbicara kepada wartawan. 

Pemerintah Negara Bagian Morelos mengatakan, jembatan gantung itu tidak menjadi bagian dari program konstruksi yang dimulai pada 2021 dan menelan biaya sebesar US$340.000 (sekitar Rp3,9 miliar). 

Cuernavaca terletak di sebelah selatan ibu kota Mexico City dan telah lama menjadi kota wisata karena suhu udaranya yang sejuk dan dipenuhi sungai-sungai yang indah. 

Tag : #jembatan roboh    #cuernavaca    #internasional    #jembatan kayu   

Baca Juga