Kapibara, hewan pengerat terbesar (Creative Commons - Charlesjsharp)

10 Hewan Pengerat Terbesar di Dunia, Ada yang Seberat Orang Dewasa!

Wulan | Hiburan | 20-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Ketika mendengar tentang hewan pengerat, jenis hewan yang langsung terbayang di benakmu mungkin adalah tikus. Yap, tikus adalah salah satu jenis hewan pengerat yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Namun, perlu kamu ketahui selain tikus ada hewan lain yang juga termasuk hewan pengerat.

Laman Britannica menyebut bahwa jumlah spesies hewan pengerat yang sudah diketahui saat ini ada lebih dari 2.000 spesies! Dari sekian banyakya spesies tersebut, beberapa diantaranya memiliki ukuran besar yang mungkin akan membuatmu bergidik sekaligus takjub.

Inilah daftar spesies hewan pengerat dengan ukuran terbesar di dunia yang telah dirangkum Parboaboa.com.

10. Coypu (Myocastor coypus)

Hewan pengerat dengan ukuran terbesar yang terakhir adalah coypu atau yang biasa disebut dengan nutria atau tikus sungai. Namun mereka bukan tikus ya guys.

Penampilan dan cara hidup coypu pun lebih mirip berang-berang karena mereka adalah herbivor dan hidup di sungai. Soal ukuran, coypu mencapai panjang sekitar 90 cm dan berat 10 kg.

9. Landak Amerika Utara (Erethizon dorsatum)

Landak amerika utara adalah jenis hewan pengerat terbesar kedua di Benua Amerika. Hewan pengerat terbesar di dunia yang berada di urutan ke sembilan ini diketahui mampu tumbuh hingga sepanjang 90 cm dan berat 14 kg.

Mereka juga merupakan spesies landak dengan habitat paling utara di dunia, mulai dari Amerika Serikat, Kanada, hingga ke Alaska.

8. Mara Patagonia (Dolichotis patagonum)

Berikutnya, ada mara patagonia, hewan pengerat yang memiliki penampilan sangat unik lantaran mirip seperti gabungan antara rusa dan kelinci.

Hewan ini merupakan endemik Argentina dan berhabitat di kawasan kering termasuk gurun pasir. Untuk ukurannya, hewan ini memiliki panjang 80 cm dan berat 16 kg.

7. Landak India (Hystrix indica)

Berikutnya, ada landak india yang panjang tubuhnya mencapai 1 meter dan beratnya yang mencapai 18 kg. Hewan yang memiliki bulu runcing pada tubuhnya ini hidup di kawasan Asia Selatan hingga sebagian Timur Tengah. Landak india ini diketahui memiliki toleransi yang tinggi terhadap keadaan lingkungannya sehingga mereka dapat hidup di padang rumput, hutan, hingga pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter.

6. Kapibara Kecil (Hydrochoerus isthmius)

Gelar hewan pengerat terbesar di dunia lainnya dipegang oleh kapibara. Namun, ada pula kerabatnya yang juga berukuran cukup besar, yaitu kapibara kecil.

Laman Concierge Panama menyebut bahwa jenis binatang yang tinggal di kawasan Amerika Selatan ini dapat tumbuh sepanjang 1 meter dan berat mencapai 27 kg, Lho. Berat juga ya!

5. Landak Jubah (Hystrix africaeaustralis)

Landak jubah atau landak Afrika Selatan memiliki ukuran panjang hingga 1 meter dan berat 30 kg. Hewan ini bisa ditemukan di berbagai habitat, khususnya di bukit berbatu.

Jenis hewan yang satu ini diketahui sangat membutuhkan tempat untuk berteduh. Mereka biasanya akan berteduh di gua kecil atau di lubang bekas sarang hewan lain. Keunikannya, landak jubah juga bisa membuat sarang sendiri sedalam 2 meter dan panjang 20 meter.

4. Landak Jambul Afrika Utara (Hystrix cristata)

Dengan ukuran maksmal 1,1 meter dan berat 30 kg, menjadikan landak jambul afrika utara berada di urutan keempat sebagai hewan pengerat terbesar di dunia.

Tahukah kamu mengapa hewan ini dinamakan landak jambul? Hal tersebut diberi lantaran terdapat jambul berdiri tegak yang terletak tepat diatas kepalanya. Selain itu, hewan ini juga termasuk hewan pengerat yang berumur panjang karena mampu mencapai usia hingga 28 tahun di penangkaran.

3. Berang-Berang Amerika (Castor Canadensis)

Jenis hewan pengerat terbesar di dunia selanjutnya adalah berang-berang amerika. Animal Diversity menyebut, hewan ini memiliki berat mencapai 30 kg dengan ukuran lebih panjang yakni mencapai 117 cm hingga ke ekor.

Selain itu, berang-berang amerika ini memiliki gigi seri yang mencapai panjang 2,5 cm. Dengan ukuran tersebut menjadikan hewan ini masuk kedalam daftar hewan pengerat terbesar yang ada di Amerika Serikat sekaligus di Dunia.

2. Berang-Berang Eurasia (Castor fiber)

Berang-berang eurasia adalah spesies berang-berang terbesar, dengan panjang mencapai 1,35 meter dan berat hingga 35 kg. Hewan ini juga termasuk daftar spesies hewan pengerat terbesar di kawasan Eurasia.

Dulunya, berang-berang eurasia sempat tersebar di seluruh kawasan Eurasia. Namun, perburuannya yang marak membuat populasi mereka hanya tersisa di beberapa bagain Eropa saja.

1. Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris)

Kapibara adalah hewan pertama yang menyandang status hewan pengerat terbesar di dunia. Hewan ini memiliki nama ilmiah yaitu Hydrochoerus berarti 'babi air', nama yang dibuat lantaran mereka memang cenderung mirip babi dibanding dengan hewan pengerat.

National Geographic menyebut bahwa Kapibara memiliki panjang 1,4 meter dan berat hingga 65 kg alias rata-rata seberat orang dewasa! Besar banget ya!

Hewan pengerat seperti tikus biasanya akan membuat sebagian dari kita jijik, namun dari 10 hewan pengerat di atas pastinya akan membuat kita takjub dengan ukuran yang dimilikinya. Kalau bertemu mereka, kira-kira reaksimu gimana? Komen dibawah ya!

Tag : #terbesar    #hewan pengerat terbesar    #hiburan    #kapibara    #berang-berang eurasia    #berang-berang amerika    #landak jambul afrika   

Baca Juga