Cara eksfoliasi Wajah Yang Mudah (Dok: Stylo.id)

Cara Eksfoliasi Wajah Yang Mudah dan Aman Untuk Kulit

Ester | Kesehatan | 05-05-2022

PARBOABOA – Salah satu tahapan skincare yang paling penting untuk dilakukan saat ini adalah eksfoliasi wajah. Apa itu eksfoliasi wajah?

Eksfoliasi wajah adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang ada di wajah dengan menggunakan bahan aktif tertentu atau bahan-bahan alami.

Eksfoliasi wajah berguna untuk membersihkan kulit, membuat kulit halus, lembut, serta meratakan tekstur kulit. Tidak hanya itu, eksfoliasi wajah juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah pori-pori tersumbat.

Dengan semua manfaat eksfoliasi wajah di atas, tidak heran mengapa step skincare ini sangat penting untuk kamu lakukan. Terlebih jika kamu menginginkan wajah yang sehat dan glowing, maka kamu wajib melakukan eksfoliasi wajah yang rutin.

Di bawah ini kami akan memberikan cara eksfoliasi wajah yang mudah dan cocok untuk kamu lakukan di rumah.

1. Mencuci Wajah terlebih Dahulu

Hal ini bertujuan untuk menyiapkan wajah kita sebelum melakukan eksfoliasi wajah. Karena, produk eksfoliasi akan lebih bekerja jika wajah kita dalam keadaan bersih.

2. Menggunakan Kain Hangat

Kain yang hangat bertujuan untuk membuka pori-pori kita saat ingin melakukan eksfoliasi. Dengan begitu, produk akan lebih cepat menyerap ke dalam kulit dan bekerja lebih baik.

3. Menggunakan Bahan Aktif atau Alami

Dalam pemilihan produk eksfoliasi, kamu perlu mengetahui jenis kulit kamu. Hal ini dilakukan agar kulit kamu terhindar dari iritasi wajah saat melakukan eksfoliasi kulit.

Jika kulit kamu cenderung normal dan kering, kamu dapat menggunakan produk eksfoliasi wajah dengan bahan alami seperti kopi dan madu, scrub, masker alami, atau alat pembersih wajah khusus.

Sedangkan untuk bahan aktif, kamu dapat mengandalkan alpha hydroxy acids (AHA), beta hydroxy acids (BHA), dan retinoid. Bahan aktif ini dapat kamu gunakan jika kulit kamu berjerawat, berminyak, atau tipe kulit kombinasi.

4. Lakukan dengan lembut

Dalam proses eksfoliasi wajah, kamu perlu melakukannya dengan perlahan dan lembut untuk menghindari adanya iritasi pada kulit. Selain itu, proses ini juga dilakukan agar produk dapat menyerap dengan sempurna ke dalam kulit.

5. Bilas dengan air hangat

Setelah melakukan urutan eksfoliasi, bilas dengan air hangat. Ingat, bilas dengan air hangat bukan air panas.

Lalu, percikkan air dingin ke wajah atau usap-usap air dingin kewajah agar pori-pori menutup kembali.

6. Menggunakan Pelembab

Setelahnya, keringkan wajah dan oleskan pelembab agar kulit tidak kering dan menghindari terjadinya merah-merah pada kulit.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan tahapan eksfoliasi wajah di atas 1-2 kali dalam seminggu.

Tag : #eksfoliasi wajah    #skincare    #kesehatan    #cara eksfoliasi wajah    #produk eksfoliasi wajah    #kulit glowing    #kulit cerah   

Baca Juga