Tampilan error 502 bad gateway, foto: Kinsta

Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Wanovy | Teknologi | 17-05-2022

PARBOABOA - Ketika sedang berselancar di internet hingga mengunjungi berbagai website, mungkin kamu pernah mengunjungi beberapa kesalahan atau error pada website yang kamu datangi, seperti 404 Not Found, 504 Gateway Timeout Error, dan sebagainya.

Salah satu kesalahan yang mungkin sering pula kamu temukan adalah 502 Bad Gateway Error yang akan kita bahas pada artikel ini.

Selain di website dengan CMS WordPress, jenis kesalahan 502 Bad Gateway juga sering terjadi di Gmail, Twitter, bahkan Cloudflare.

Tapi tenang, di pembahasan ini kamu akan mengetahui apa itu 502 Bad Gateway Error. Yuk, langsung saja simak informasi dibawah ini!

Pengertian 502 Bad Gateway Error

Saat mengunjungi sebuah website, browser kamu akan mengirimkan request atau permintaan ke web server.

Kemudian web server akan menerima dan memproses permintaan tersebut. Setelah itu, web server akan mengirim kembali resource yang diminta bersamaan dengan header HTTP dan HTTP status code.

Biasanya, HTTP status code tidak akan terlihat kecuali jika ada sesuatu yang salah dan HTTP status code bekerja sebagai pemberitahuan jika ada sesuatu yang salah.

Kode dalam bentuk tiga angka yang muncul di halaman website (404, 502, atau 504) adalah kode yang bisa membantumu mencari solusinya.

Jenis kode error 502 Bad Gateway termasuk dalam jenis kode 500 Status Error Codes selain 500, 501, 503, 504, dan seterusnya. Setiap angka tersebut menunjukkan jenis error yang berbeda-beda di sebuah website.

Kode 502 Bad Gateway terjadi akibat server yang bekerja sebagai gateway atau proxy menerima respon yang tidak sah (invalid) dari inbound server.

Penyebab Error 502 Bad Gateway

Satu hal yang harus kamu ketahui, 502 bad gateway bisa dialami oleh semua website, termasuk website yang dimiliki perusahaan besar dan mapan seperti Google dan Twitter.

Penyebabnya ada banyak, sehingga kita harus terampil mencarinya. Jika website kamu error juga tidak melulu bertuliskan “502 bad gateway”.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Umumnya error ini mengindikasikan adanya masalah di sisi server. Namun, tak menutup kemungkinan juga jika penyebab 502 bad gateway berasal dari kesalahan konfigurasi pengguna itu sendiri.

Oleh karena itu, melalui tutorial ini, Parboaboa akan membahas langkah-langkah untuk memperbaiki error 502. Yuk, langsung saja simak cara mengatasi error 502 Bad Gateway berikut ini!

1. Refresh Halaman

Cara mengatasi error 502 bad gateway yang pertama ini sangatlah mudah. Tunggu selama satu atau dua menit sebelum refresh halaman yang Anda buka.

Biasanya error ini bersifat sementara sehingga yang perlu Anda lakukan hanyalah refresh halaman. Untuk mengecek kalau-kalau website sedang down, Anda bisa menggunakan tool online apa pun.

2. Menghapus Browser Cache

Jika error tidak juga teratasi, maka kemungkinan besar 502 bad gateway disebabkan oleh cache. Untuk itu, kamu bisa menghapus atau bersihkan browser cache untuk mengatasi error ini.

3. Buka Situs dengan Browser yang Berbeda

Cara mengatasi error 502 bad gateway lain yang dianggap mempan untuk memperbaiki error ini adalah mengecek koneksi dengan membuka situs menggunakan browser berbeda atau di mode penyamaran (incognito).

Jika tidak ada apa-apa saat membuka situs di browser yang berbeda, maka sudah jelas kalau error terjadi di browser yang pertama kali Anda gunakan.

4. Flush DNS

Masalah di DNS juga bisa menjadi penyebab 502 bad gateway. Misalnya, value alamat IP yang di-cache.

Jika memang demikian penyebabnya, maka flush DNS bisa menjadi alternatif terbaik untuk dicoba. Baca tutorail kami terkait cara flush DNS di Windows, Mac, dan Linux.

Anda juga bisa mengalihkan server default DNS ke Google Public DNS untuk sementara.

5. Mengetes di Perangkat Lain

Apabila cara-cara di atas tidak juga bisa menangani error 502 bad gateway, maka yang harus Anda lakukan adalah mengetes koneksi di komputer lain atau perangkat mobile.

Sebaiknya koneksi yang terhubung ke network atau jaringan yang berbeda. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui penyebab error apakah berhubungan dengan komputer atau justru karena masalah lain.

6. Mengecek Error Log

Jika error 502 bad gateway muncul setelah Anda mengubah atau memperbarui sesuatu, maka itu berarti penyebabnya ada di website. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengecek error log.

Di WordPress, Anda dapat mengaktifkan error log dengan cara menambahkan line berikut ini ke wp-config.php:

define( 'WP_DEBUG', true );

define( 'WP_DEBUG_LOG', true );

define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Semua entry di atas akan tersimpan di file wp-contents/debug.log.

7. Mengecek Plugin

Cara mengatasi error 502 bad gateway lain yang patut dicoba adalah mengecek plugin dan ekstensi.

Kadang-kadang masalah yang berkaitan dengan caching plugin dapat menyebabkan error 502 bad gateway.

Langkah sederhana untuk mengeceknya adalah dengan menonaktifkan sementara semua plugin. Buka direktori wp-content dan ganti nama direktori plugins.

Apabila website sudah kembali berfungsi, maka ubah kembali nama folder ke sediakala, yaitu plugins, kemudian tekan Enter.

Setelah itu, matikan plugin satu per satu untuk mencari tahu mana plugin yang menyebabkan error

8. Mengecek CDN

CDN atau layanan mitigasi DDoS merupakan salah satu penyebab 502 bad gateway.

Salah satu contohnya adalah CloudFlace di mana error 502 bad gateway dapat terjadi dalam dua versi yang berbeda tergantung pada masalah yang ditemui.

9. Hubungi Customer Support

Cara terakhir jika semua tips di atas tidak juga menawarkan solusi terbaik adalah menghubungi tim Customer Support.

Jelaskan pada mereka mengapa error tersebut sampai terjadi dan cara-cara yang telah Anda lakukan.

Sekian informasi mengenai pengertian, penyebab, hingga cara mengatasi error 502 Bad Gateway yang bisa kamu coba terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #error502 bad gateway    #browser error    #tips    #teknologi    #cara mengatasi error   

Baca Juga