parboaboa

Djarot Sebut Pertemuan Puan-AHY Awal Rekonsiliasi PDIP dan Demokrat

Maesa | Politik | 14-06-2023

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Persatuan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat buka suara soal pertemuan Puan Maharani dan AHY. (Foto: Instagram/djarotsaifulhidayat)

PARBOABOA, Jakarta – Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Persatuan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengklaim bahwa pertemuan antara Puan Maharani dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan awal rekonsiliasi partainya dengan Demokrat.

Sekadar informasi, menurut KBBI, rekonsilisasi adalah memulihkan hubungan persahabatan ke keadaan semula.

Hal ini disampaikan Djarot Saiful Hidayat kepada awak media yang dilansir pada Rabu, 14 Juni 2023.

Rekonsiliasi ini, kata Djarot, juga mendapat dukungan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, sikap Megawati ini menjelaskan bahwa jika menyangkut kebangsaan, seluruh pihak harus bersatu demi menjaga kesinambungan pembangunan Indonesia.

Djarot menyatakan bahwa hal ini terbukti dari Megawati yang memerintahkan Puan Maharani untuk membangun komunikasi dengan seluruh partai politik (parpol) termasuk Demokrat.

Sikap ini, lanjutnya, juga telah terbukti dari hubungan baik yang dijalin oleh PDIP dengan Partai Demokrat, dan Partai NasDem di Parlemen.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Utut Adianto mengatakan bahwa pertemuan antara pihaknya dengan Demokrat adalah untuk membahas tindak lanjut dari pembicaraan pembicaraan Puan soal AHY yang masuk dalam bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Ganjar Pranowo.

Penjelaskan ini diungkapkan Utut pada Senin, 12 Juni 2023 di Senayan, Jakarta Pusat.

Ia memastikan jika pertemuan itu merupakan bentuk keseriusan dari pihaknya dan Partai Demokrat guna mempertemukan Puan Maharani dengan AHY.

Namun, untuk waktu dan lokasi pertemuan Puan dan AHY belum ditentukan sebab masih saling mencocokkan jadwal masing-masing.

Pertemuan PDIP dan Partai Demokrat

Diketahui, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto melakukan pertemuan dengan Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky pada Minggu, 11 Juni 2023 di bilangan Blok M Jakarta Selatan.

Berdasarkan keterangan dari Wasekjen Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, pertemuan keduanya berjalan hangat dengan perbincangan yang cukup baik.

Adapun dalam perbincangan tersebut, kata Jensen, keduanya membahas soal waktu yang tepat untuk mempertemukan Puan Maharani dan AHY.

Editor: Maesa

Tag: #pdip    #partai demokrat    #politik    #puan maharani    #ahy    #parpol   

BACA JUGA

BERITA TERBARU