Ilustrasi pencarian Google, foto: gadgetren.com

Google Rilis Fitur Otomatis Hapus Riwayat Pencarian 15 Menit

Wanovy | Teknologi | 23-03-2022

PARBOABOA - Google menghadirkan fitur baru untuk aplikasi Android-nya yang memungkinkan pengguna dapat menghapus secara otomatis history atau riwayat pencarian mereka pada 15 menit terakhir.

"Kami saat ini meluncurkan fitur baru ini di aplikasi Google untuk perangkat Android. Diharapkan fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan," ujar juru bicara Google, Ned Adriance dikutip dari The Verge, Selasa (22/3/2022).

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh mantan pemimpin redaksi XDA Developers, Mishaal Rahman beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan telah diberi tahu tentang fitur yang tampaknya sudah diluncurkan. Kemudian seorang editor media berita The Verge juga telah melihat fitur tersebut di ponselnya.

Untuk mengaktifkannya silahkan buka aplikasi Google di HP Android, lalu buka bagian foto profil, pilih Browsing History dan cari opsi Delete last 15 min.

Fitur hapus riwayat pencarian 15 menit ini sudah diperkenalkan di acara Google I/O 2021 dan dirilis ke pengguna iOS setelahnya pada Juli 2021. Butuh waktu sangat lama sampai akhirnya Google membawa fitur hapus history dalam 15 menit untuk HP Android.

Ned Adriance menuturkan kalau Google juga menawarkan fitur yang mampu menghapus riwayat pencarian secara otomatis dalam 3, 18, atau 36 bulan terakhir.

“Kami terus mencari cara untuk menghadirkan fitur bermanfaat ini ke permukaan lain,” tambah Ned.

Fitur ini sebelumnya sudah tersedia untuk pengguna aplikasi Google di iOS pada Juli 2021. Ia pertama kali diperkenalkan pada Mei 2021 lalu.

Pada saat itu, Google mengatakan akan tiba di aplikasi versi Android nanti pada tahun 2021, tetapi untuk beberapa alasan, perusahaan melewatkan jadwal yang ditetapkan di awal.

Belum diketahui apakah fitur hapus riwayat pencarian otomatis ini akan juga disediakan untuk Google versi dekstop.

Tag : #google    #fitur    #teknologi    #riwayat pencarian    #history    #android   

Baca Juga