ilustrasi bawang merah

Ini Penyebab Naiknya Harga Bawang Merah di Kota Medan

Sarah | Daerah | 31-01-2022

PARBOABOA, Medan - Harga bawang merah di Kota Medan dan sekitarnya dikabarkan naik. Hal itu disebabkan jauhnya jarak sentra produksi bawang merah ke Kota Medan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite mengatakan Harga jual bawang merah di pasar Kota Medan beranjak naik sekitar Rp1.000 per kg.

"Jarak yang jauh dari lokasi sentra produksi bawang merah ke pasar di Medan, memang sering menjadi salah satu pendorong kenaikan harga," kata Barita, Minggu (30/1/2022) kemarin.

Akibatnya, harga bawang merah di pasar Kota Medan yang sebelumnya Rp27.263 per kg menjadi rata-rata Rp28.062 per kgnya.

Barita mengatakan bahwa sentra produksi bawang merah di Provinsi Sumatera Utara paling banyak berada di Kabupaten Karo, Simalungun, Dairi dan Humbang Hasundutan.

Berdasarkan data BPS, produksi bawang merah di Sumut pada tahun 2019 sebesar 18.072 ton dengan luas panen 2.246 hektare. Sementara kebutuhan bawang merah di Sumut per bulannya mencapai 4.057 ton.

"Jadi memang perlu tambahan pasokan dari Jawa mau pun impor," kata dia.

Barita menegaskan, Disperindag Sumut sudah membahas masalah kenaikan harga bawang merah yang dipastikan akibat keterlambatan pasokan.

Tag : #berita sumut    #berita medan    #bawang merah    #disperindag sumut    

Baca Juga