Libur Akhir Tahun, Jumlah Penumpang AKAP di Terminal Kampung Rambutan Naik 100 Persen

Lonjakan penumpang bus AKAP Terminal Kampung Rambutan menjelang Tahun Baru mulai kembali ramai (Foto: Parboaboa/Pras Wiratmoko)

PARBOABOA, Jakarta - Memasuki libur akhir tahun, lonjakan penumpang bus mulai terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Salah satu yang mengalami naik signifikan adalah Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Kordinator Regu bus AKAP, Jumali, mengatakan lonjakan penumpang bus mencapai 100 persen sejak Sabtu (24/12/2022) lalu.

"Kenaikan ini sudah terjadi dari hari Sabtu kemarin, naik sampai 100 persen, sudah lumayan ramai dibanding masa pandemi lalu," tutur Jumali kepada Parboaboa, Senin (26/12/2022).

Jumali mengungkapkan, jumlah rata-rata penumpang di setiap PO bus hanya berkisar 400 orang pada hari normal, sementara pada hari Natal melonjak menjadi 800 orang.

Sementara itu, Staf Terminal Kampung Rambutan, Desi menyebut jumlah data penumpang bus AKAP per hari Senin mencapai 80.079 keberangkatan.

Adapun rincian persentase tujuan yaitu 45 persen tujuan Jawa Tengah, 26 persen Jawa Barat, 5 persen Sumatera Selatan, 4 persen Sumatra Barat, dan 1 persen Bengkulu.

Pengamanan di Sekitar Terminal

Demi antisipasi tindak kriminal di Terminal Kampung Rambutan, Kepolisian Sektor Ciracas telah mendirikan posko pengamanan sejak awal bulan Desember.

Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Iptu Asep mengatakan, timnya  melakukan inspeksi setiap pagi, siang, dan malam demi mengontrol kondisi keamanan di Terminal Kampung Rambutan.

Menurutnya, lonjakan kali ini masih relatif sedikit dibandingkan tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19.

"Untuk kondisi terminal saya pastikan aman, pengamanan sudah ditingkatkan dari tanggal 23 Desember untuk persiapan Natal 2022, kebetulan lonjakan penumpang nggak terlalu banyak jadi mudah mengontrolnya," terang Asep pada Parboaboa (26/12/2022).

"Untuk teknis pengamanannya saya adakan plotting ke beberapa titik yang rawan tindak kejahatan, jadwal nya pagi,siang, sore kita jalan kaki untuk patroli. Tapi Alhamdulillah, (kejahatan) tidak ada sampai saat ini," tandas Asep.

 

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS