Ilustrasi Penembakan (Pontas.id)

Pencuri Bermodus Pegawai PDAM Ditembak Polisi

Sarah | Daerah | 30-03-2022

PARBOABOA, Medan - Melakukan penipuan bermodus menjadi pegawai PDAM untuk mengelabui korbannya, satu dari empat pelaku pencurian ditembak mati anggota Satreskrim Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Medan, Komisaris Polisi Muhammad Firdaus mengatakan, adapun identitas keempat pelaku, yakni I (49), DIS (43), T (54) dan EC (43).

Namun, EC terpaksa ditembak karena melawan dan mencoba merebut senjata petugas saat penangkapan.

"Petugas sempat membawa pelaku EC ke rumah sakit, namun nyawanya tidak dapat tertolong," kata Muhammad, Rabu (30/3/2022).

Muhammad menjelaskan, penangkapan terhadap keempat pelaku berdasarkan laporan warga Kecamatan Medan Timur yang kehilangan uang senilai puluhan juta dan emas miliknya pada Kamis (24/3/2022).

Saat itu, sekelompok pria mendatangi rumah korban dan mengaku sebagai petugas PDAM. Setelah mereka pergi, korban baru menyadari uang miliknya senilai Rp80 juta dan emas miliknya telah hilang.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp183.425.00. Dari laporan ini, petugas kita melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap para pelaku," terangnya.

Saat interogasi, para pelaku mengaku sudah enam kali mencuri dengan modus yang sama di Medan dengan total kerugian para korbannya mencapai Rp540 juta.

Sementara itu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor, dua jaket, tiga helm PDAM, tiga alat ukur, satu kamera, enam handphone, rekaman CCTV dan uang tunai Rp21 juta.

Akibat perbuatannya, keempat pelaku dikenakan pasal 363 ayat (2) dari KUHP.

"Para pelaku dikenakan pasal 363 ayat (2) dari KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara," pungkasnya.

Tag : #pencurian    #polrestabes medan    #daerah    #pdam    #ditembak    #berita sumut   

Baca Juga