974 Stadium (Foto: Goal.com)

Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: 974 Stadium

Michael | Sepakbola | 19-07-2022

PARBOABOA – 974 Stadium merupakan salah satu stadion terunik dan inovatif yang akan digunakan dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Keunikannya terletak pada penamaan stadion dan inovasinya terlihat pada konsep desain stadion.

974 Stadium dibuka secara resmi pada 30 November 2021. Sebelum menggunakan nama tersebut, Qatar berencana menamainya Ras Abu Aboud Stadium. Namun tepat hari dihari pembukaan, rencana nama tersebut tidak pernah terpakai.

Lokasinya sangat dekat dengan bibir pantai. Membuat stadion ini jadi salah satu stadion yang paling menarik untuk dikunjungi dan menonton pertandingan.

Selain itu, 974 Stadium menawarkan rute terpendek apabila menuju Bandara Internasional Hamad. Jaraknya hanya 1,5 km sehingga menjadi salah satu stadion yang akan mudah diakses.

Desain 974 Stadium

974 Stadium ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects. Stadion ini dibangun di atas lahan tepi laut seluas 450.000 meter persegi dan terletak di tanjung buatan.

Stadion ini dibuat dari kontainer pengangkut bekas berwarna-warni, sehingga langsung menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

Karena Konstruksinya menggunakan kontainer, 974 Stadium pun menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang.

Selain itu, 974 Stadium diklaim memiliki konstruksi yang lebih sedikit membutuhkan bahan material, mengurangi limbah serta meminimalisir jejak karbon pada saat proses pembangunannya.

Makna Penamaan 974

Penamaan tersebut merujuk pada dua hal. Pertama, 974 adalah kode telepon internasional Qatar. Kedua, 974 adalah jumlah kontainer yang digunakan dalam proses konstruksi stadion.

974 Stadium mulai dibangun pada tahun 2017 dan menerima bintang empat dari Sistem Penilaian Keberlanjutan Global (GSAS).

Kontainer yang digunakan dalam konstruksi stadion ini diambil dari Tiongkok, sebelum pembangunannya selesai tahun lalu. Beberapa dari kontainer tersebut ada yang digunakan sebagai ruang medis serta berbagai fasilitas lainnya di stadion.

Begitu turnamen empat tahunan ini selesai, ada banyak opsi yang bisa ditelusuri. Kontainer pengiriman bisa digunakan kembali untuk pembangunan stadion yang sama di tempat lain, atau untuk tujuan pengiriman, sesuai dengan fungsi aslinya.

“Kami memiliki fleksibilitas dalam desain kami sehingga dapat membangun kembali stadion di lokasi berbeda dengan kapasitas yang sama. Kami bisa membawa semuanya ke tempat lain,” imbuh manajer 974 Stadium, Mohamed Alatwaan.

“Selain itu, kami juga mempertahankan sertifikasi kontainer pengiriman ini, kami dapat menggunakan kembali kontainer untuk tujuan pengiriman, sementara baja yang digunakan bisa didaur ulang untuk konstruksi apa pun.”

Stadion ini akan digunakan untuk melangsungkan delapan pertandingan, dengan rincian tujuh pertandingan fase grup dan satu pertandingan fase gugur.

Jadwal Pertandingan yang Menggunakan 974 Stadium

  • 22 November 2022, Meksiko vs Polandia (Grup C)
  • 24 November 2022, Portugal vs Ghana (Grup H)
  • 26 November 2022, Prancis vs Denmark (Grup D)
  • 28 November 2022, Brasil vs Swiss  (Grup G)
  • 30 November 2022, Polandia vs Argentina (Grup C)
  • 02 Desember 2022, Serbia vs Swiss (Grup G)
  • 05 Desember 2022, Pemenang Grup G vs Runner-Up Grup H (Babak 16 Besar)
     
Tag : #stadion piala dunia 2022    #piala dunia 2022    #sepakbola    #974 stadium    #doha    #qatar    #fifa   

Baca Juga