Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan (Foto: Pattern Design)

Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Ahmad bin Ali Stadium

Michael | Sepakbola | 14-07-2022

PARBOABOA – Piala Dunia 2022 Qatar telah dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 21 November 2022 hinga 18 Desember 2022 mendatang.

Sebanyak 8 stadion telah dipilih untuk menjadi venue Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Salah satu stadion yang akan digunakan adalah Ahmad bin Ali Stadium.

Ahmad bin Ali Stadium terletak di Kota Al Rayyan, Qatar. Sebelumnya, stadion ini bernama Al Rayyan Stadium yang sudah dibangun sejak 2003.

Stadion ini kemudian dihancurkan sepenuhnya pada tahun 2014. Salah satu tujuannya adalah untuk membangun Ahmad bin Ali Stadium memenuhi standar sebagai stadion yang layak digunakan pada ajang sepak bola tertinggi di dunia ini.

Setelah dihancurkan, desain baru dari Ahmad bin Ali Stadium dimumkan pada tahun 2015. Proses pengerjaannya dimulai setahun berikutnya.

Proses pembangunan stadion baru ini pun baru selesai pada akhir tahun 2020. Kapasitas awal stadion yang hanya berkisar 21.282 kursi meningkat menjadi 40.740 kursi.

Renovasi Ahmad bin Ali Stadium juga termasuk ‘fasad media’ yang nantinya akan digunakan sebagai layar raksasa yang salah satunya untuk menampilkan informasi turnamen dan pertandingan.

Desain pola Ahmad bin Ali Stadium sangat kental dengan unsur arsitektur Islam dan juga keindahan gurun yang menjadi ciri khas Kota Al Rayyan.

Setelah dibuka pada 18 Desember 2020, Ahmad bin Ali Stadium menjadi satu daru dua venue yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia Antarklub.

Seperti stadion lainnya yang dibangun untuk Piala Dunia 2022 Qatar, Ahmad bin Ali Stadium juga mengedepankan sistem ramah lingkungan dan keberlanjutan.

Sebanyak 90 persen material dari bangunan lama juga digunakan kembali untuk membangun stadion ini dan proyek seni publik.

Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat Ahmad bin Ali Stadium dikelilingi dengan pusat perbelanjaan, hingga stasiun bawah tanah.

Selain itu, kawasan stadion ini juga memiliki jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang berlokasi strategis.

Ruang hijau baru seluas 125 hektar persegi dengan tanaman asli dan konsumsi air rendah juga bisa dinikmati masyarakat di sekitar Ahmad bin Ali Stadium.

Di ajang Piala Dunia 2022 Qatar, Ahmad bin Ali Stadium akan menyelenggarakan tujuh pertandingan, enam babak penyisihan grup dan satu babak 16 besar.

Setelah gelaran Piala Dunia 2022 Qatar selesai, Ahmad bin Ali Stadium akan dimanfaatkan sebagai pusat olahraga dan rekreasi masyarakat setempat.

Fasilitas yang bisa digunakan adalah enam lapangan sepak bola, lapangan kriket, hingga lintasan berkuda.

Markas dari Tim Tradisional Qatar

Sebelum digunakan sebagai stadion resmi Piala Dunia 2022 Qatar. Ahmad bin Ali Stadium adalah markas dari Al-Rayyan SC. Ini merupakan salah satu tim sepak bola tradisional yang ada dalam sejara sepak bola Qatar.

Juara delapan kali divisi tertinggi Liga Qatar itu sempat berpindah kandang untuk sementara waktu ketika stadion lamanya direnovasi pada tahun 2014. Al-Rayyan SC bermain di stadion lain selama proses pembangunan yang menghabsikan waktu kira-kira sekitar lima tahun.

Dengan sudah dibukanya Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan SC akan menggunakannya kembali sebagai kandang untuk menggelar pertandingan. Meski begitu, kapasitasnya akan dipotong setengahnya tepat setelah Piala Dunia 2022 selesai.

Jadwal Pertandingan yang Akan Berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium

  • 21 November 2022: Amerika Serikat vs Wales (Grup B)
  • 23 November 2022: belgia vs Kanada (Grup F)
  • 25 November 2022: Wales vs Iran (Grup B)
  • 27 November 2022: Jepang vs Kosta Rika (Grup E)
  • 29 November 2022: Wales vs Inggris (Grup B)
  • 01 Desember 2022: Kroasia vs Belgia (Grup F)
  • 03 Desember 2022: Juara Grup C vs Runner up Grup (Babak 16 besar)
     
Tag : #stadion piala dunia 2022    #piala dunia 2022    #sepakbola    #ahmad bin ali stadium    #fifa    #al rayyan    #qatar   

Baca Juga