Ilustrasi Kejahatan di Jalanan (Dok:Kompasiana.com)

Waspada! Berikut Ragam Kejahatan di Jalan Yang Sering Terjadi

Ester | Kriminal | 30-04-2022

PARBOABOA – Salah satu lokasi tindak kejahatan yang paling sering terjadi saat ini adalah jalanan. Pencurian dan begal adalah kejahatan yang paling umum terjadi dan sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat saat ini.

Kriminolog Universitas Indonesia, Josisas Simon mengatakan bahwa kejahatan yang terjadi di jalanan akan semakin marak di masa lebaran. Oleh karena itu, petugas atau pihak kepolisian diminta untuk menindak lanjuti kasus-kasus kejahatan yang kerap terjadi di jalanan.

Tidak hanya menindak lanjuti, petugas juga diharapkan memantau dan menjaga ketertiban keamanan selama mudik untuk mengurangi resiko terjadinya tindak kejahatan di jalan.

Adapun ragam kejahatan di jalanan yang sering terjadi saat ini adalah:

1. Perampasan dan pencurian kendaraan bermotor.

Tindak kejahatan yang sering terjadi di jalanan yang pertama adalah perampasan dan pencurian kendaraan bermotor. Kejahatan ini kerap terjadi di sekitar area parkir, lampu merah, atau di beberapa lokasi ibadah. Hal itu dikarenakan, tempat-tempat tersebut memiliki banyak kendaraan yang dengan mudah dapat dicuri dan disabotase oleh para pencuri.

2. Pencopetan

Pencopetan merupakan jenis kejahatan yang sudah sangat umum terjadi di jalanan saat ini. Bahkan laporan mengenai kasus pencopetan sudah sangat sering terjadi. Biasanya, pencopetan terjadi karena kurang maksimalnya penjagaan seseorang terhadap barang yang ia bawa.

Tidak hanya itu, terkadang juga beberapa pelaku perampokan melakukan modus-modus tertentu untuk dapat melakukan aksinya dengan mulus.

3. Pencurian kaca spion mobil

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mencuri spion mobil bukanlah hal yang cukup penting. Faktanya, saat ini sudah banyak terjadi kasus pencurian kaca spion mobil di kota-kota besar.

Tidak hanya kaca spion mobil, pencurian helm juga kerap terjadi. Biasanya, hal ini terjadi di area parkir yang kurang dijaga dengan ketat.

4. Penodongan

Bisa dibilang, penodongan adalah salah satu kejahatan di jalanan yang sudah cukup sering ditemui. Biasanya, penodongan ini dilakukan oleh orang yang iseng atau orang yang ingin memalak korban.

Kamu harus lebih hati-hati dengan kejahatan yang satu ini karena jika kamu melawan, pelaku terkadang akan melakukan tindak kekerasan yang berujung kematian.

5. Pemalakan

Pemalakan tidak dapat dilepas dari kejahatan yang sering terjadi di jalanan. Tindakan kriminal ini sering dirasakan oleh para supir angkot, pedagang kaki lima, bahkan beberapa orang yang melintas.

Naasnya, terkadang beberapa pemalak akan menodong senjata atau bahkan mengancam para korban yang tidak ingin menyerahkan uang atau hal yang diminta oleh para pemalak.

Nah, itulah beberapa ragam kejahatan di jalanan yang kerap tejadi saat ini. Memasuki masa mudik lebaran, kamu diharapkan untuk lebih waspada saat melakukan perjalanan demi keselamatan dan keamanan kamu.

Tag : #geng motor    #kejahatan    #kriminal    #kejahatan di jalan    #modus di jalan    #begal    #perampokan    #lebaran   

Baca Juga