parboaboa

Sadio Mane Jadi Pemenang Socrates Award, Penghargaan Untuk Pesepakbola Berjiwa Sosial

Michael | Sepakbola | 19-10-2022

Sadio Mane raih penghargaan Socrates Award di malam penganugerahan Ballon d Or 2022 (Foto: Reuters/Benoit Tessier)

PARBOABOA – Ada kategori Socrates Award dalam penganugerahan gelar Ballon d’Or 2022. Sadio Mane menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan itu.

Penghargaan Ballon d’Or 2022 berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris pada Selasa (18/10) dini hari WIB. Puncak acara ini mempersembahkan trofi Ballon d’Or kepada Karim Benzema, yang mengungguli Sadio Mane dan Kevin de Bruyne.

Meski gagal mendapatkan penghargaan Ballon d’Or, Mane dinobatkan peraih Socrates Award. Ini adalah bentuk penghargaan bagi pesepakbola yang aktif dalam aksi sosial.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rai, mantan pemain Timnas Brasil dan Paris Saint-Germain. Rai juga merupakan adik Socrates.

“Saya hanya senang berada di sini, Saya tidak suka berbicara tentang apa yang saya lakukan, tetapi saya melakukan apa yang saya bisa untuk warga di negara saya dan mencoba meningkatkan sesuatu untuk negara saya,”kata Mane, yang dikutip dari situs resmi Bayern Munchen.

Socrates Award baru ada pada tahun ini. Nama penghargaan tersebut diambil dari nama mantan pesepakbola top Brasil, yang meninggal pada 2011.

Socrates aktif secara politik dan berjuang di tahun 1980-an untuk perubahan sosial, menyerukan kepada suporter dan pemain untuk memberontak melawan kediktatoran militer di negaranya pada saat itu.

Sementara Sadio Mane mendedikasikan kesuksesannya di dunia sepak bola dengan memperbaiki daerah asalnya, Casamance, di Senegal. Pemain yang baru bergabung dengan Bayern Munchen pada musim ini tersebut memberikan sumbangan untuk membangun sekola, rumah sakit, dan infrastruktur.

Editor: -

Tag: #ballon d or 2022    #socrates award    #sepakbola    #sadio mane    #liverpool    #bayern munchen    #senegal    #brasil   

BACA JUGA

BERITA TERBARU