WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Komunitas

Wanovy | Teknologi | 04-11-2022

WhatsApp

PARBOABOA - Meta meluncurkan sejumlah perubahan pada WhatsApp yang akan membuat aplikasi menjadi lebih berguna untuk banyak orang, yaitu peluncuran Communities atau komunitas.

Communities dirancang untuk menampung beberapa kelompok organisasi orang yang lebih besar, seperti lingkungan atau tempat kerja. Jika Anda bingung, ini sama seperti Slack atau Discord.

Namun, WhatsApp menawarkan sesuatu yang berbeda, termasuk pesan yang terenkripsi ujung-ke-ujung.

Admin juga dapat berbagi pembaruan dengan seluruh komunitas melalui saluran pengumuman.

Perusahaan pertama kali menguji pembaruan pada April lalu dan sekarang mereka meluncurkannya ke semua orang.

Fitur itu akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp dalam beberapa bulan ke depan.

Komunitas seperti tetangga, orang tua murid, dan rekan di kantor kini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp.

Caranya mudah, cukup mengetuk tab komunitas baru di bagian atas chat di Android dan di bagian bawah di iOS. Selanjutnya, kamu dapat memulai Komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada.

Setelahnya, kamu dapat dengan mudah beralih antara grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, saat kamu memerlukannya, dan admin dapat mengirimkan pembaruan penting kepada semua orang di dalam Komunitas.

WhatsApp menciptakan fitur Komunitas ini untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.

WhatsApp juga berkata bahwa melalui fitur Komunitas, pengguna bisa beralih antar grup yang tergabung dalam grup besar, untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Adapun admin grup bisa mengirimkan informasi atau pembaruan kepada semua orang yang terhubung dalam Komunitas.

Pada April lalu atau ketika fitur Komunitas masih diuji coba, Product Manager WhatsApp, Jyoti Sood juga menjelaskan bahwa fitur ini akan menyembunyikan berbagai informasi pribadi pengguna dari pengguna lainnya yang ada di dalam satu Komunitas.

Beberapa di antara data pribadi yang bakal disembunyikan mencakup nomor telepon, foto profil, info akun, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, fitur Komunitas akan hadir dalam beberapa minggu mendatang. Setelah fitur ini tersedia, pengguna bisa mengaksesnya melalui tab Komunitas yang tersedia secara khusus, tepat di samping tab Chat baik di WhatsApp versi iOS maupun Android.

Tag : #komunitas    #whatsapp    #teknologi    #apps    #meta   

Baca Juga