Pemicu Darah Tinggi (alwaysherehomecare.com)

Jangan Diabaikan! Ini 7 Kebiasaan Pemicu Darah Tinggi

Martha | Kesehatan | 29-12-2021

PARBOABOA – Jangan pernah diabaikan bila kalian mengalami darah tinggi. Jika kalian biarkan, hal ini dapat berisiko menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, masalah ginjal, dan banyak lagi lainnya.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi saat kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri) lebih tingi dari 140/9- milimeter merkuri (mmHg).

Menurut data WHO sekitar 1,13 miliar orang didunia mengalami hipertensi. Mirisnya, hanya 36,8 persen saja yang menjalani pengobatan.

Jila kalian ingin mencegah darah tinggi, caranya dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat. Yuk simak informasi selengkapnya disini.

1. Merokok

Jika kalian suka merokok ini adalah faktor utama pemicu darah tinggi. Kebiasaan yang buruk ini juga dikaitkan dengan masalah kesehatan yang berbahaya seperti kanker. Oleh karena itu, jika kalian ingin mencegahnya sebaiknya segera berhenti merokok.

2. Konsumsi alkohol

Yang kedua adalah mengonsumsi alkohol juga bisa memicu darah tinggi. Alkohol membuat pembuluh darah menyempit, terutama jika dikonsumsi terus-menerus dan dalam dosis yang tinggi. Akibatnya, tekanan darah semakin tinggi dan organ vital, seperti ginjal berisiko rusak.

3. Mengonsumsi garam terlalu banyak

Sering mengonsumsi makanan yang asin atau tinggi garam juga sudah dikenal sebagai kebiasaan yang bisa memicu darah tinggi. Jadi, kurangilah konsumsi garam dan jangan menambahkan garam ekstra ke makanan kamu. Hal ini penting, terutama bagi kamu yang sudah mengidap hipertensi.

4. Stres

Ternyata stres juga dapat memicu tekanan darah, namun efek meningkatnya tekanan darah akibat stres memang berlangsung sementar. Tapi bila peningkatannya secara tiba-tiba itu sangat berbahaya bisa menyebabkan serangan jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan pembuluh darah.

5. Terlalu banyak makan

Jika kalian terlalu sering memakan camilan maka berat badan akan naik dan menyebabkan obesitas. Semakin berat masa tubuhmu, maka akan makin banyak darah yang diperlukan untuk membawa oksigen dan natrium ke seluruh tubuh.

Akibatnya kerja jantung akan makin ekstra dan tekanan darah perlahan-lahan akan naik.

6. Malas bergerak

Orang yang kurang beraktivitas memiliki detak jantung yang cepat. Bila jantung bekerja lebih ekstra ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, maka dari itu kita harus sering berolahraga.

7. Mengonsumsi obat sembarangan

Bila ingin meminum obat sebaiknya memalui resep dari dokter. Walaupun banyak obat tanpa resep yang beredar dipasaran, kamu perlu bijaksana dalam mengonsumsinya.

Ternyata, penggunaan obat-obatan, seperti obat flu, pil KB, pereda nyeri dapat berisiko meningkatkan tekanan darah.

Itulah 7 cara untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, semoga kalian bisa menjaga kesehatan tubuh dan memulai gaya hidup sehat, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tag : #darah tinggi    #penyakit    #kesehatan   

Baca Juga