parboaboa

Jayapura Diguncang Gempa Beruntun, Terbesar M 3,6

Sondang | Nasional | 08-02-2023

Gempa bumi beruntun mengguncang Kota Jayapura, Papua pada Selasa (7/2/2023) malam. Mengutip situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 22.02 WIB dengan kekuatan M 3,6. (Foto: Parboaboa/Felix)

PARBOABOA, Jakarta - Gempa bumi beruntun mengguncang Kota Jayapura, Papua pada Selasa (7/2/2023) malam. Mengutip situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 22.02 WIB dengan kekuatan M 3,6.

Pusat gempa berada di laut 13 km barat laut Kota Jayapura pada kedalaman 10 km, tepatnya pada koordinat 2.42 LS dan 140.69 BT.

BMKG melaporkan, getaran terasa dalam skala III MMI di Kota Jayapura. Artinya, getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu dan dapat dirasakan nyata dalam rumah.

Selang 26 menit, tepatnya pukul 22.28 WIB, gempa kembali mengguncang Jayapura. Kali ini, kekuatannya M 3,2 dengan pusat gempa berada di laut 9 km barat laut Kota Jayapura pada kedalaman 10 Km.

Getarannya terasa dalam skala II-III MM di Kota Jayapura. Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa ketiga mengguncang pada pukul 22.39 WIB dengan kekuatan M 2,9. Pusat gempa berada di darat 6 km barat laut Kota Jayapura pada kedalaman 8 km. Getarannya terasa dalam skala II MMI di Kota Jaya Pura.

Meski demikia, sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban dari guncangan gempa tersebut.

Editor: Sondang

Tag: #Gempa Bumi    #Jayapura    #Nasional    #BMKG    #Papua   

BACA JUGA

BERITA TERBARU