Presiden Jokowi dan rombongan naik motor di Kabupaten Toba, Sumut (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Melihat Aktivitas Jokowi di Sumut Sehari Kemarin

Rini | Daerah | 03-02-2022

PARBOABOA, Sumut - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Rabu (2/2) kemarin. Dalam agenda kunjungannya ada sejumlah kegiatan yang dilakukan Presiden seperti peresmian infrastruktur dan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Ayo kita lihat kembali kegiatan Presiden seharian kemarin di Sumatera Utara:

1. Resmikan Bypass Balige

Setelah tiba di Bandara Internasioanal Kualanamu, Presiden Jokowi dan rombongan langsung bertolak ke Balige. Adapun kegiatan Presiden yang pertama adalah meresmikan Bypass Balige di Kabupaten Toba.

Jalan ini merupakan proyek sepanjang 9,8 km yang dibangun sejak 5 tahun lalu dengan menelan anggaran hingga Rp 176 miliar. Jalan ini diharapkan akan mencegah kemacetan di Kota Balige dan meningkatkan aksesibilitas bagi kawasan-kawasan di sekitar Kota Balige.

2. Pemberian bantuan di Pasar Porsea

Agenda kunjungan Presiden masih berlanjut di Porsea, usai meresmikan Bypass Balige, Presiden kemudian bertolak menuju pasar Porsea untuk memberikan bantuan langsung tunai senilai Rp 1,2 juta untuk pedagang.

Bantuan tersebut diharapkan Jokowi bisa membantu meringankan beban para pedagang yang terdampak pandemi Covid-19. Seperti biasa, Presiden sempat berbincang dengan sejumlah pedagang.

Menariknya, Presiden bahkan memberikan jaket yang digunakannnya kepada seorang warga yang berprofesi sebagai penjahit. Di pasar Jokowi bahkan sempat membeli beberapa jualan pedagang seperti buah salak dan nanas.

3. Resmikan Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat

Kegiatan Bapak Presiden di Sumut masih berlanjut. Setelah dari Pasar Porsea Presiden dan rombongan akan menuju Parapat untuk meresmikan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Namun saat menuju Parapat, Presiden tidak menggunakan mobil, akan tetapi naik sepeda motor.

Jokowi terlihat naik sepeda motor custom dari basik Kawasaki W175 didampingi oleh para menterinya, dengan pengawalan dari Paspampers. Adapun alasannya ingin merasakan langsung udara sejuk di kawasan Danau Toba.

Setelah tiba di Parapat, Presiden Joko Widodo meninjau sekaligus meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat di, Kabupaten Simalungun.

Proyek yang menghabiskan anggaran senilai Rp 84,1 miliar ini meliputi meliputi penataan Kawasan Pantai Bebas, pembangunan gerbang kawasan, dan penataan RTP Parapat, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari turis domestik maupun juga internasional sehingga bisa menikmati keindahan alam Danau Toba yang fantastis.

4. Peresmian Pelabuhan dan Empat Kapal Motor Penyebrangan

Presiden Jokowi kemudian melanjutkan agenda kunjungannya dengan meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba.

Adapun tujuh pelabuhan yang diresmikan oleh Jokowi ialah Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Empat KMP yang diluncurkan pada kesempatan yang sama adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

Presiden berharap dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan membuat akses menuju wisata di Danau Toba akan lebih mudah, cepat, dan lancar guna mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

5. Peresmian Kawasan Huta Siallagan

Lanjut lagi, Presiden kemudian berangkat dari Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba untuk menuju Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir. Sebelum berangkat, masyarakat adat memberangkatkan Jokowi dengan prosesi adat Batak. Presiden juga diberikan selembar Ulos Pinussaan yang diselempangkan di pundak kanannya.

Setibanya di Kabupaten Samosir, Presiden kemudian meresmikan penataan kawasan Huta Siallagan. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi penataan kawasan tersebut sehingga menjadi lebih menarik, tertata rapi, dan berkelas.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menyerahkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang yang ada di kawasan Huta Siallagan berupa cendera mata dan suvenir.

6. Meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan

Setelah kegiatan di Kabupaten Samosir selesai, Presiden dan rombongan kemudian bergerak menuju Kampung Ulos Hutaraja Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Selanjutnya Presiden Jokowi pun meresmikan penataan Kampung Ulos, dan memuji bahwa pembangunan kampung Ulos sangat baik.

Itu dia seluruh kegiatan yang dilakukan Presiden dan rombongan di Sumatera Utara pada hari pertama kunjungannya. Setelah selesai, Jokowi dan beserta rombongan direncanakan akan menginap di Hotel Samosir Cottage. Kemudian akan melanjutkan Agenda Kunjungan Kerja hari kedua pada Kamis (3/2).

Jadi siapa aja nih yang sudah ketemu Presiden Jokowi semalam?

Tag : #jokowi    #presiden indonesia    #pembangunan danau toba    #berita sumut   

Baca Juga