WhatsApp Siapkan Fitur yang Bisa Buat Stiker Pakai AI

Ilustrasi stiker WhatsApp, (Foto: caradasar.com)

PARBOABOA - WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur membuat stiker dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Saat menjalani pengujian beta, fitur ini hanya dapat diakses oleh sejumlah pengguna untuk menilai fungsinya dan mengidentifikasi potensi masalah. Penambahan ini memungkinkan pengguna membuat stiker menggunakan deskripsi berbasis teks.

Potensi stiker yang dihasilkan AI untuk merevolusi aplikasi sangat signifikan karena memberi pengguna kemampuan untuk membuat stiker eksklusif yang dipersonalisasi.

Dalam laporan terbaru WABetaInfo, Selasa, (15/08), beberapa pengguna Android Beta menemukan fitur dimana pengguna bisa membuat stiker berbasis AI.

Dengan fitur ini, WhatsApp bisa membuat stiker sesuai dengan deskripsi teks yang ditulis pengguna.

Belum diketahui AI generatif mana yang akan dipilih WhatsApp untuk fitur yang satu ini, namun WABetaInfo menyebut kalau teknologi kecerdasan buatan ini ditawarkan oleh Meta.

Fitur yang satu ini mirip dengan beberapa platform AI termasuk produk dari OpenAI yang bisa membuat gambar sesuai dengan teks yang dituliskan pengguna.

Dengan ini, pengguna bisa membuat stiker personal yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi lalu dikirimkan ke teman atau grup di WhatsApp.

Stiker yang dibuat dengan AI ini akan mudah dikenali karena nantinya akan terdapat watermark yang menunjukkan kalau stiker tersebut adalah buatan AI.

Belum diketahui apakah fitur ini akan dirilis atau tidak, namun karena sudah dalam versi beta, bisa jadi fitur ini segera dirilis dalam waktu dekat.

Teknologi di balik stiker AI WhatsApp diklaim aman, karena dikembangkan oleh Meta, perusahaan induk WhatsApp.

Jadi, bila pengguna mendapati stiker yang kurang sopan atau berbahaya, pengguna bisa melaporkannya.

Fitur stiker AI bakal membantu pengguna membuat stiker yang lebih personal dan relevan dengan obrolan. Dengan begitu, obrolan pengguna juga bakal lebih hidup.

Sebelumnya, pengguna memerlukan keahlian khusus atau aplikasi terpisah untuk membuat stiker. Dengan hadirnya dukungan stiker AI, nantinya semua pengguna WhatsApp bisa membuat stiker sesuai keinginan.

Namun perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba. Perusahaan juga menguji fitur ini ke pengguna WhatsApp Android versi beta dalam jumlah yang terbatas. Jadi, tidak semua pengguna WhatsApp Android versi beta kebagian fitur stiker AI.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS