parboaboa

Jadi Ikon Negara Belanda, Ketahui Sejarah dan Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warnanya

Winda | Discovery | 11-09-2023

Arti bunga tulip (Foto: Pixabay)

PARBOABOA – Bunga tulip dikenal sebagai salah satu simbol terkenal dari keindahan alam. Bunga yang memiliki 6 kelopak ini banyak disukai karena memiliki warna dan tampilan yang indah.

Dikenal sebagai bunga musim semi yang menakjubkan, terdapat filosofi dan arti bunga tulip yang tersembunyi dalam setiap warnanya. Bunga ini dapat tumbuh dengan tinggi mencapai10 hingga 70 cm serta ciri khas daun yang berlilin dan berkilau.

Di balik warnanya yang beragam, tersimpan rahasia dan makna tersendiri yang menggambarkan berbagai emosi dan perasaan.

Lantas, apa arti bunga tulip berdasarkan warnanya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, simak ulasan selengkapnya yang telah Parboaboa rangkum berikut ini!

Sejarah Bunga Tulip

Sejarah bunga tulip (Foto: Pexels)

Bunga tulip dikenal dengan keindahan dan variasi warna yang memukau yang telah menjadi salah satu simbol terkenal dari keindahan alam. Secara historis, bunga tulip berasal dari daerah Anatolia di Turki dan kemudian menyebar ke Eropa pada abad ke-16.

Ornamen Turki dan Persia seringkali menggambarkan motif bunga tulip. Bentuk kelopak bunga tulip yang belum sepenuhnya mekar menyerupai sorban, sehingga orang Eropa menyebutnya dengan nama Persia, yaitu dulband, dan dalam bahasa Indonesia disebut bunga tulip.

Perkenalan bunga tulip ke Eropa dimulai ketika Ogier de Busbecq, seorang duta besar dari masa Kekaisaran Romawi Suci, mengirimkan umbi dan biji bunga tulip ke Wina, Austria, pada tahun 1554. Dari sana, umbi tulip dibawa ke Antwerp dan Amsterdam, Belanda.

Di Belanda, bunga tulip mendapatkan popularitas yang sangat tinggi dan mulai dibudidayakan pada tahun 1593 oleh seorang ahli botani bernama Carolus Clusius. Populasi tulip semakin berkembang pesat.

Pada abad ke-17, bunga tulip diperkenalkan di Kerajaan Belanda dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Inilah yang memicu fenomena yang dikenal sebagai tulip mania atau tulipomania.

Harga bunga tulip meroket karena banyaknya peminat, namun kemudian harga tersebut tiba-tiba jatuh tajam karena persediaan yang melimpah.

Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warna

Bunga tulip merupakan lambang cinta yang tak tertandingi dan kasih sayang yang tulus seseorang. Terdapat berbagai arti bunga tulip berdasarkan warna yang memiliki makna khas serta simbolnya sendiri, seperti:

1. Arti Bunga Tulip Putih

Bunga tulip putih (Foto: Pixabay)

Bunga tulip berwarna putih memiliki makna simbolis yang beragam. Bunga ini melambangkan kesucian, kepolosan, dan kerendahan hati, sehingga cocok digunakan untuk mengungkapkan permintaan maaf atau menunjukkan rasa simpati atas kematian seseorang.

Selain itu, tulip putih juga bisa digunakan dalam acara pernikahan, mewakili cinta, tulip putih juga melambangkan gairah. Tulip putih memiliki beberapa arti lain, seperti simbol kemenangan dan pengampunan.

Jika kamu memberikan tulip putih kepada seseorang ketika mereka sedang mengalami masalah, hal itu juga dapat menunjukkan rasa penyesalan. Secara tradisional, tulip putih menjadi bunga nasional Turki karena diyakini berasal dari sana.

Meskipun memiliki racun yang tidak mematikan, tulip putih diinterpretasikan oleh Victoria sebagai lambang pengampunan dan keindahan mata.

Bunga tulip putih biasanya mekar sebagai mid-bloomers pada bulan Mei, dengan mekar penuh pada bulan Juni dan mekar awal pada bulan April.

2. Arti Bunga Tulip Pink

Bunga tulip pink (Foto: Pixabay)

Terdapat juga varian warna bunga tulip yang menandakan kebahagiaan. Jika biasanya warna merah muda (pink) melambangkan rasa kasih sayang dan cinta, tetapi bunga tulip pink justru menggambarkan harapan bahagia dan penghargaan kepada seseorang.

Di Belanda, seringkali bunga tulip pink digunakan sebagai karangan bunga yang diberikan kepada pemenang dalam kompetisi olahraga.

Pemberian karangan bunga tulip ini memiliki niat untuk menunjukkan penghargaan terhadap prestasi yang telah dicapai oleh atlet yang telah menjuarai dan mengharumkan nama negara.

3. Arti Bunga Tulip Merah

Bunga tulip merah (Foto: Pixabay)

Bunga tulip merah melambangkan cinta yang mendalam, sehingga cocok untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang kamu cintai. Di Persia, memberikan bunga tulip merah menandakan kesediaan untuk menyatakan cinta.

Titik hitam pada tulip merah dikatakan mewakili hati kekasih yang terbakar oleh gairah, seperti bara api yang menyala. Penggunaan bunga tulip pink bermula dari cerita legenda tentang pangeran Farhad yang merasuki rasa cinta kepada seorang perempuan bernama Shirin.

Ketika pangeran Farhad mengetahui bahwa Shirin telah meninggal, dia sangat terpukul hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan terjun ke jurang.

Karena maknanya yang dalam, tidak mengherankan bahwa bunga tulip merah sering diberikan kepada pasangan, baik dalam bentuk buket maupun tangkai tunggal. Selain itu, bunga tulip juga bisa dijadikan hiasan biasa untuk mengagumi keindahan sederhananya.

4. Arti Bunga Tulip Kuning

Bunga tulip kuning (Foto: Pixabay)

Dahulu, bunga tulip kuning sering digunakan sebagai simbol kecemburuan atau cinta tanpa harapan. Namun, saat ini, makna bunga tulip kuning telah berubah menjadi semangat, kebahagiaan, dan harapan yang baik.

Tak hanya itu, bunga tulip berwarna kuning juga menggambarkan semangat persahabatan dan kegembiraan, sehingga menjadi pilihan yang tepat sebagai hadiah untuk merayakan kelulusan sahabat atau teman.

Namun, apabila kamu menerima buket bunga tulip kuning dari pasangan atau seseorang yang Anda sukai, artinya berubah menjadi penolakan cinta.

5. Arti Bunga Tulip Ungu

Bunga tulip ungu (Foto: Pixabay)

Warna ungu selalu terkesan bergengsi. Dalam drama Hamlet karya William Shakespeare, warna ini sering digunakan sebagai lambang kebangsawanan. Hal ini tercermin dari keanggunan dan kesan mewah dari tulip ungu itu sendiri.

Secara simbolis, memberikan tulip ungu kepada wanita Belanda dapat membuat mereka berpikir bahwa kamu menyukai mereka sejak pertama kali bertemu.

6. Arti Bunga Tulip Orange

Bunga tulip orange (Foto: Pixabay)

Makna di balik bunga tulip orange melambangkan kebahagiaan, kehangatan, dan optimisme terhadap kehadiran keberuntungan. Warna orange juga mewakili kepercayaan, kepuasan, dan semangat kuat untuk hidup.

Bunga ini mengingatkan kita pada keceriaan, energi, dan antusiasme. Riset menyatakan bahwa warna oranye dapat merangsang aktivitas mental dan mempengaruhi interaksi sosial serta akan memberikan kesan anggun dalam segala situasi.

7. Arti Bunga Tulip Biru

Bunga tulip biru (Foto: Pixabay)

Makna bunga tulip berwarna biru merupakan variasi dari tulip putih. Bunga ini adalah melambangkan kedamaian dan ketenangan.

Di Negara Eropa, terdapat tradisi unik para suami memberikan tulip biru kepada pasangan setelah bertengkar. Hal ini dilakukan sebagai tanda pengakuan kesalahan dan niat untuk berdamai.

8. Arti Bunga Tulip Hitam

Bunga tulip hitam (Foto: Pixabay)

Bunga tulip hitam melambangkan kekuatan seseorang. Warna yang misterius dan anggun dari bunga ini mengungkapkan pesan bahwa jenis bunga ini memiliki karakteristik istimewa yang membedakannya dari yang lain.

9. Arti Bunga Tulip Hijau

Bunga tulip hijau (Foto: Pixabay)

Hadiah tulip berwarna hijau cocok untuk diberikan kepada seseorang yang sedang memulai babak baru dalam hidupnya, seperti keluarga atau teman yang baru saja pindah kerja, pindah rumah, atau merayakan kelulusan mereka.

Warna hijau pada bunga ini melambangkan permulaan yang segar atau kelahiran kembali, menyatakan harapan dan optimisme.

Manfaat Bunga Tulip untuk Kesehatan

Di balik keindahannya, bunga tulip ternyata menyimpan berbagai khasiat yang nyata bagi kesehatan. Kandungan minyak esensial dan senyawa aktif dalam tumbuhan ini memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang kuat.

Berkat kandungan senyawa aktif tersebut, terdapat beberapa manfaat bunga tulip bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat bunga tulip yang pertama adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Salah satu kandungan senyawa yang terdapat dalam bunga tulip adalah linalool, yang dikenal karena efek sedatif atau penenang yang dimilikinya.

Senyawa alami ini dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan membantu mengatasi masalah tidur atau sering disebut insomnia. Linalool bekerja dengan cara menurunkan aktivitas saraf di otak dan otot, sehingga menciptakan suasana yang lebih tenang dan menyebabkan efek kantuk.

2. Meredakan Stres

Bunga tulip memiliki manfaat yang luar biasa dalam meredakan stres. Kandungan utama dalam bunga tulip, yaitu limonene dan linalool, memberikan aroma harum yang dapat menyegarkan udara di sekitar ruangan.

Aroma alami bunga tulip ternyata memiliki dampak positif pada sistem saraf, memberikan efek menenangkan bagi siapa pun yang menghirupnya. Manfaat ini terkait dengan penurunan tingkat kecemasan, stres, dan bahkan depresi.

3. Melawan Infeksi Bakteri

Ekstrak tulip mengandung senyawa aktif dengan sifat antibakteri, yang memungkinkan bunga tulip untuk melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit, seperti diare, demam tifoid (tifus), dan infeksi kulit.

Senyawa antibakteri yang terdapat di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan dan reproduksi bakteri patogen. Mekanisme kerjanya bisa melibatkan gangguan pada dinding sel bakteri atau merusak metabolisme mikroorganisme tersebut.

4. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Bunga tulip telah menarik perhatian dalam penelitian terkait potensi efek antikanker terhadap sel kanker payudara. Kandungan utama dalam bunga tulip, yaitu limonene, diyakini memiliki sifat antikanker yang menjanjikan.

Meskipun penelitian masih terbatas, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa limonene dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Itulah, informasi seputar sejarah dan apa arti bunga tulip berdasarkan warna nya. Memberikan karangan bunga tulip dengan warna yang tepat dapat membantumu menyampaikan perasaan di setiap momen-momen spesial.

Editor: Juni

Tag: #arti bunga    #arti bunga tulip    #discovery    #bunga tulip    #bunga    #tanaman    #simbol bunga tulip   

BACA JUGA

BERITA TERBARU