parboaboa

Basarnas Kupang Evakuasi Penumpang Kapal Express Cantika 77, 2 Meninggal 17 Penumpang Hilang

Maharani | Nasional | 24-10-2022

Tim SAR Kupang sedang melakukan pencarian terhadap 17 penumpang hilang Kapal Cepat Express Cantika 77 jurusan Kupang-Alor yang terbakar, pada Senin (24/10/2022). (Foto: Tangkapan Layar Instagram/ @basarnas_kupang)

PARBOABOA, Jakarta – Petugas Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil mengevakuasi penumpang Kapal Cepat Express Cantika 77 jurusan Kupang-Alor yang terbakar, pada Senin (24/10/2022) siang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sundayana mengatakan, dari 177 penumpang Kapal Cantika 77 petugas telah berhasil mengevakuasi 160 orang. Dengan rincian 158 orang selamat dua orang meninggal dunia.

“Ada 158 orang yang kita evakuasi selamat, sedangkan dua penumpang dalam keadaan meninggal dunia,” ujar I Putu Sundayana kepada wartawan, Senin (24/10/2022).

Putu juga menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan proses pencarian bersama tim gabungan, untuk menemukan 17 orang yang saat ini dinyatakan hilang.

“17 masih dalam proses pencarian untuk dievakuasi,” kata Putu.

Kemudian, untuk para korban yang selamat langsung dievakuasi menuju Kupang. Menurut Putu, pihaknya akan menginformasikan jika semua proses evakuasi telah dilaksanakan.

“Untuk data detailnya baru akan kita sampaikan nanti, setelah sampai Kupang,” ujarnya.

Sementara itu secara terpisah, Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto menjelaskan dua orang yang ditemukan meninggal dunia adalah satu orang dewasa dan satu anak-anak.

AKBP FX Irwan Arianto mengatakan bahwa korban dewasa jenis kelamin laki-laki bernama Johan berusia 57 tahun, warga Desa Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Sedangkan korban meninggal lainnya adalah bayi laki-laki berusia 1 tahun 3 bulan, bernama Khalid Alfarizky Tulimau, warga kompleks Pasar Terbakar, Jalan Komodo RT 010, RW 005, Kelurahan Nusa Kenari, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor.

"Yang dewasa bernama Johan asal Gresik, Jawa Timur dan satu lagi anak berusia satu tahun tiga bulan warga Alor," kata Irwan, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Senin (24/10/2022).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kapal Cepat Express Cantika 77 terbakar saat pelayaran dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju ke Kalabahi Kabupaten Alor, pada Senin (24/10/2022) sekitar pukul 13.40 WITA.

Kapal KM Express Cantika 77 bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang pukul 11.00 WITA menuju Kalabahi, Alor. Namun sekitar pukul 13.40 kapal tersebut terbakar di sekitar Tanjung Gemuk, Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

Kapal tersebut mengangkut 177 orang yang terdiri dari 167 penumpang dan 10 Anak Buah Kapal (ABK).

Editor: -

Tag: #basarnas    #kapal cepat express cantika 77    #nasional    #kapal terbakar    #tim sar    #kupang    #ntt   

BACA JUGA

BERITA TERBARU