Ilustrasi NFT termahal di dunia: The Merge

Ini 10 NFT Termahal di Dunia, Harganya Capai Triliun

Wanovy | Teknologi | 15-01-2022

PARBOABOA - Nama Ghozali mendadak menjadi viral setelah swafoto dirinya sebagai produk Non-Fungible Token (NFT) di OpenSea laku puluhan juta rupiah.

Banyak orang tidak habis pikir, bagaimana mungkin swafoto bisa dihargai semahal itu. Selain swafoto Ghozali, ternyata banyak produk NFT yang laku ditebus dengan harga mahal.

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas apa itu NFT dan bagaimana cara membuat NFT. Secara istilah, NFT merupakan singkatan dari non-fungible token yang diartikan sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan.

Dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang unik, tidak bisa diduplikasi, serta tidak bisa diganti dengan yang lain.

NFT didasarkan pada teknologi Ethereum Blockchain. Ethereum atau Ether merupakan teknologi blockchain yang sangat istimewa karena mereka dapat menyimpan data atau informasi tambahan tentang token tertentu.

Tahun 2022 ini memang jadi tahun kejayaan buat NFT. Selebritis dunia seperti Steve Aoki, Shawn Mendes, Eminem, hingga pebisnis seperti Jack Dorsey pun ikut dalam tren ini.

Jadi tidak heran kalau ada beberapa aset NFT yang bisa terjual dengan harga sangat mahal. Bahkan mencapai miliaran bahkan triliunan rupiah.

Penasaran apa saja daftar NFT paling mahal di dunia yang pernah terjual? Simak informasi dibawah ini.

Berikut daftar 10 NFT termahal di dunia yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. The Merge

The Merge adalah NFT termahal di dunia yang pernah terjual sepanjang 2021. The Merge dibuat oleh seniman digital Pak. Di jagad per-NFT-an, Pak adalah salah satu jawaranya karena menciptakan beberapa karya seni yang paling ikonik. The Merge terjual 91,8 juta dollar AS atau setara Rp 1,31 triliun.

1. Everydays: The First 5000 Days

Karya seni NFT yang menempati posisi pertama NFT termahal di dunia adalah Everydays: The First 5000 Days yang dibuat oleh seniman digital terkenal, Mike Beeple Winkelmann.

Karya seni NFT ini berhasil terjual di rumah lelang Christie dengan harga 69,3 juta dollar atau setara dengan Rp1 triliun. Pembelinya adalah Vignesh "Metakovan" Sundaresan.

Token NFT ini termasuk dalam kompilasi besar Beeple yang dikerjakan selama setiap hari sejak Mei 2007.

2. Human One

Human One menempati peringkat kedua sebagai NFT termahal di dunia yang pernah terjual pada 2021 dengan harga 28,9 juta dollar AS (Rp 426 miliar) di rumah lelang Christie's. NFT ini merupakan potret bergerak yang menampilkan gambaran manusia pertama yang lahir di metaverse. Pembuat Human One adalah Winklemann, orang yang sama yang membuat Everydays: The First 5000 Days.

3. CryptoPunk #752

Cryptopunk adalah salah satu avatar digital yang dihasilkan secara unik di blockchain Ethereum oleh duo pengembang yang berbasis di Kanada yang menjalankan Larva Labs.

Sejauh ini, ada 1.000 Cryptopunk dibuat atau dihasilkan secara algoritmik dengan sejak Juni 2017. CryptoPunk #752 terjual seharga 11,75 juta dollar AS atau setara Rp 168,02 miliar dan dilelang di Sotheby.

CryptoPunk #7523 dianggap langka dan menjadi salah satu kreasi digital paling ikonik sekaligus NFT termahal du dunia.

4. CryptoPunk #3100

Masih dari koleksi Alien Punk, yang ada dalam daftar NFT termahal di dunia ini adalah CryptoPunk #3100. Karakter yang satu ini menggunakan aksesori ikat kepala berwarna biru putih. Harga NFT ini adalah 4200 ETH atau setara dengan 7,51 juta dollar AS.

5. Crossroad

Crossroad merupakan salah satu NFT termahal di dunia karya Beeple. NFT ini menyimpan pesan tersirat tentang respon terhadap hasil pemilu presiden Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu.

Contoh NFT ini dilelang pada Oktober 2020 dan berhasil terjual dengan harga 6,66 juta dollar AS.

6. XCopy’s A Coin for the Ferryman

Salah satu NFT termahal di dunia berikutnya adalah karya bertajuk XCopy’s A Coin for the Ferryman. Karya yang dibuat tahun 2018 ini berbentuk GIF dengan coretan wajah yang ekspresinya berubah-ubah. Karya NFT ini mulai dijual pada 4 November 2021 dan saat ini harga XCopy’s A Coin for the Ferryman bernilai 6,034 juta dollar AS setara Rp 86 miliar.

7. Beeple’s Ocean Front

NFT termahal di dunia berikutnya dimiliki oleh Beeple. Ia merupakan seorang seniman digital asal Amerika Serikat yang mengerjakan berbagai karya seni. Salah satunya karya seni NFT yang dibuatnya yaitu Beeple’s OceanFront yang menggambarkan penggabungan gambar sebuah container, caravan, dan sebuah pohon yang berdiri di tengah laut. Karya seni NFT ini dijual dengan harga 6 juta dollar AS setara dengan Rp 85 miliar.

8. Stay Free

Nama Edward Snowden mungkin familiar buatmu, mantan konsultan komputer yang membocorkan informasi rahasia CIA. Kisahnya sempat diceritakan melalui beberapa film loh.

Kali ini ia terlibat di dunia NFT dengan melelang karyanya yang berjudul Stay Free di NFT Marketplace Foundation seharga 5,27 juta dollar AS.

Hasil penjualannya itu ia donasikan ke Freedom of the Press Foundation, organisasi nirlaba yang mengadvokasi kebebasan berbicara, pers, dan jurnalisme kepentingan publik.

9. World Wide Web Source Code

NFT termahal di dunia selanjutnya adalah World Wide Web Source Code, yang merupakan representasi artistik dari kode program WWW milik Berners-Lee. Aset ini terjual dengan harga 5,43 juta dollar AS dalam sebuah lelang di Sotheby.

10. Doge

Kamu pasti familiar kan dengan wajah lucu anjing jenis Shiba Inu ini? Meme paling populer ini masuk dalam daftar NFT termahal di dunia loh.

Gambar anjing yang ikonik di internet ini dilelang dalam bentuk NFT dengan harga mencapai 4 juta dollar pada awal Juni 2021 lalu.

NFT Ghozali Everyday

Sebagai tambahan, NFT Ghozali adalah kolektor NFT asal Indonesia yang berisi foto selfie pria bernama Ghozali mulai dari ketika ia berumur 18 tahun hingga 22 tahun selama rentang waktu 2017-2021. Tiap NFT bisa terjual hingga senilai belasan juta rupiah.

Dilansir dari Suara.com, NFT Ghozali Everyday yang termahal bahkan mencapai 66.346 ETH atau senilai Rp 3,1 miliar. Wow, fantastis ya?

Itulah daftar NFT termahal di dunia yang pernah terjual hingga saat ini. Kalau dipikir-pikir, berani juga ya orang-orang tersebut mengeluarkan uang miliaran bahkan triliunan rupiah untuk membeli sebuah karya seni digital.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang NFT, tak ada salahnya untuk mencari informasi apa itu NFT dan bagaimana cara membuat dan menjual NFT.

Tag : #kripto    #nft    #ghozali everyday    #nft termahal    #opensea   

Baca Juga