Ilustrasi daftar marketplace NFT terbaik

Ikuti Jejak Ghozali Everyday, Ini Daftar TOP Marketplace NFT Terbaik di Dunia

Wanovy | Teknologi | 15-01-2022

PARBOABOA - Belakangan ini publik beramai-ramai memperbincangkan soal NFT. Para seniman, pemusik, sampai pemain gim pun mulai tertarik untuk mempelajarinya. Ada pula yang mencoba terjun ke dalam dunia NFT dan bertransaksi di NFT marketplace.

Lalu, sebenarnya apa itu NFT dan bagaimana NFT bisa menghasilkan keuntungan? Di artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu NFT dan bagaimana cara membuat dan menjual NFT.

NFT adalah semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya khususnya di Indonesia. Belum lama ini, kolektor NFT asal Indonesia Ghozali Everyday banyak dibicarakan karena berhasil meraup miliaran rupiah berkat foto selfienya yang dijadikan NFT.

Singkatnya, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Non Fungible Token (NFT) diciptakan sebagai representasi aset digital atau non-digital seperti karya seni digital maupun karya seni lainnya. Penjualan NFT termahal di dunia saat ini telah mencapai NFT Rp151 triliun.

Berikut adalah daftar beberapa marketplace NFT terbaik dan paling populer untuk dijelajahi saat ini.

1. OpenSea

Seajuh ini OpenSea menjadi marketplace NFT terbaik dan terbesar di dunia. Website ini menawarkan berbagai macam non-fungible tokens, seperti seni, nama domain, dunia virtual dan kartu koleksi. Aset yang ada di OpenSea sendiri adalah ERC721 dan ERC1155.

Disini, kamu dapat membeli, menjual dan mencari berbagai digital asset eksklusif, seperti Axies, ENS names, CryptoKitties, Decentraland, dan lainnya,Cara jual NFT di OpenSea juga cukup sederhana.

Jika kamu menggunakan OpenSea untuk menjual item, kamu dapat menjualnya dengan harga tetap atau melelangnya.

Para kreator dapat membuat itemnya sendiri di blockchain dengan memafaatkan fitur item minitng yang ada di OpenSea. Fitur ini dapat digunakan secara gratis dan sederhana tanpa perlu paham coding. Prosesnya pun sangat mudah dan ramah bagi pemula.

OpenSea memiliki semua jenis NFT, dari koleksi digital hingga karya seni dan GIF, item dalam game, video, nama domain, dunia virtual, dan banyak lagi. OpenSea mendukung banyak blockchain, seperti Ethereum, Polygon, dan Klatyn.

Marketplace NFT terbaik ini juga mendukung sebagian besar dompet digital kripto seperti MetaMask, Coinbase, Dapper, Fortmatic, dll., atau WalletConnect untuk dompet seluler apa pun.

2. Rarible

Rarible adalah salah satu marketplace NFT terbaik milik komunitas pemegang ERC-20 RARI token. Rarible akan menghadiahkan RARI token kepada pengguna aktif yang melakukan pembelian atau penjualan di NFT marketplace mereka, di mana setiap minggunya mereka mengeluarkan 75000 RARI.

Platform satu ini tampak lebih fokus ke NFT yang berbentuk aset seni digital. Terlihat dari banyaknya karya seni digital yang tampil di halaman depannya. Para creator dapat menggunakan Rarible untuk menjual karya mereka, baik itu buku, album musik, digital art dan bahkan film. Penjualan dan pembelian NFT di Rarible dikategorikan menjadi art, photography, games, metaverses, musik, domains, DeFi, dan lainnya.

3. Axie Marketplace

NFT Marketplace terbaik ketiga yakni Axie Marketplace yang menjadi tempat Axie Infinity dipasarkan. Axie Infinity merupakan video gim berbasis NFT dan blockchain. Platform ini unggul lantaran memiliki total trading volume yang mencapai lebih dari 2,1 miliar dolar AS pada Dappradar.

4. NBA Top Shot

NBA Top shot menjadi salah satu marketplace NFT terbaik yang berisi satu set kartu digital dan menampilkan potongan klip pendek dari video pemain NBA. NBA Top Shot memungkinan pengguna untuk menyimpan paket yang telah dibeli ke dalam dompet yang terverifikasi blockchain, sehingga akan aman.

5. SuperRare

SuperRare menjadi salah satu marketplace NFT terbaik yang pertama kali didirikan pada tahun 2017 oleh John Crain, Charles Crain dan Johnathan Perkins yang juga merupakan pendiri Pixura, perusahaan yang mengembangkan teknologi enkripsi tertagih yang menjalankan SuperRare.

Sama dengan dengan asset NFT lainnya, marketplace ini bekerja sama dengan para seniman terkenal untuk menghasilkan koleksi digital disertai kriptografi dalam blockchain yang aman. Selain itu, platform ini juga selalu mengadakan pameran secara rutin.

Itulah daftar 5 marketplace NFT terbaik yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang masih bingung, bisa coba mempelajari lebih dalam apa itu NFT dan bagaimana cara bermain NFT yang benar sebelum mulai terjun. Semoga bermanfaat!

Tag : #kripto    #nft    #ghozali everyday    #opensea    #marketplace nft   

Baca Juga